Andre Rosiade (FOTO: dok. pribadi)

@Rayapos | Jakarta – Partai Gerindra menyebut KKN di zaman Orde Baru sangat luar biasa. Politikus Gerindra, Andre Rosiade bahkan menyebut penegakan hukum era Orde Baru, lemah terhadap penguasa.

“Bicara KKN, kita tahu di zaman Orba juga luar biasa. Dulu penegak hukum lemah terhadap kekuasaan, tapi sekarang KPK berani melakukan penegakan hukum meski berhadapan dengan penguasa,” kata Andre Rosiade, Minggu (22/7/2018).

Pernyataan Andre tersebut terkait dengan ucapan Tommy Soeharto yang menuding korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) makin parah hingga kini. Tommy juga menyebut utang luar negeri pemerintah saat ini semakin besar.

“Reformasi janjikan KKN hilang, tapi nyatanya makin parah. Utang luar negeri semakin besar. Investasi asing pun semakin dimanja,” kata Tommy, kepada wartawan di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/7/2018).

Baca juga:

Perjuangan Herayati, Anak Tukang Becak, Cum Laude ITB

Bukti Percakapan Trump Minta Model Playboy Tutup Mulut Ditemukan

Namun menurut Andre, utang luar negeri zaman Orba membuat Indonesia kacau balau dari sisi ekonomi.

“Bicara utang luar negeri, kita tahu bagaimana zaman Orba utang luar negeri menghancurkan ekonomi bangsa yang berujung krisis moneter,” ucapnya.

Andre meminta Tommy dan semua pihak meninggalkan sisi negatif zaman Orba dan mengambil yang positif. Andre menyebut, agenda reformasi harus terus dijalankan.

“Intinya mari kita ambil yang baik dan tinggalkan yang kurang baik. Seperti, bagaimana rezim Orba terindikasi bermain mata dengan konglomerat yang menjadikan negara krisis di 1998. Kita tahu bagaimana otoriternya Orba terhadap masyarakat yang kritis. Intinya, mari kita terus melaksanakan agenda-agenda reformasi,” sebutnya.

BAGIKAN