Jokowi bersama keluarga (Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

@Rayapos | Bogor – Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming mengatakan, dirinya memang mengikuti jejak sang ayah, namun itu sebagai pengusaha. Dia pun menilai, untuk terjun ke dunia politik merupakan hal yang dinamis.

“Untuk saat inikan memang saya mengikuti terus jejaknya Bapak sebagai pengusaha. Sekarang kan Bapak sudah jadi politikus, saya lihat itu sebagai hal yang sangat dinamis ya,” ujar Gibran saat ngobrol santai bersama wartawan di Grand Garden Cafe, Komplek Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).

Baca juga:

Sandiaga Terima Curhatan Penyandang Disabilitas, Begini Katanya

Timses Prabowo-Sandi: Januari Kami Unggul

Gibran mengatakan, dirinya sendiri memulai usaha sejak tahun 2010. Usaha yang dilakukan berbasis pada UMKM.

Namun kata Gibran, sebesar apapun dana ataupun CSR yang dia lakukan, tidak akan bisa menyentuh banyak orang. Untuk itu, jika memang niatnya untuk berbuat ke banyak orang jawabannya memang harus terjun ke dunia politik.

“Kalau dipikir-pikir sebesar apa pun dana CSR itu, ratusan juta, miliaran rupiah, itu tidak akan menyentuh banyak orang. Jadi kalau pengin menyentuh banyak orang ya harus terjun ke dunia politik. Itu saja. Kebijakan yang pro rakyat sehingga bisa menyentuh banyak orang,” tutur Gibran.

Dia pun mengatakan, pengabdian ke negara itu merupakan amal baik. Dia juga menilai pengusaha bisa jadi politikus, tetapi belum tentu politikus bisa menjadi pengusaha.

“Jadi untuk anak-anak muda, tidak boleh ada yang apatis. Harus punya pandangan politik tapi tidak boleh berpolitik. Berpolitik lah ketika Anda sudah mapan secara mental dan ekonomi,” kata Gibran.

“Ya memang itu panggilan ya. Anak muda tidak boleh apatis,” tambahnya lagi.