Presiden Joko Widodo diitemani Menperin Airlangga Hartarto di GIIAS 2018 (FOTO: RAYAPOS/DANANG)

@Rayapos | Tangerang – Di pameran GIIAS 2018, Presiden Joko Widodo mampir ke booth Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES) alias mobil desa. Saat tiba di Booth AMMDES, Jokowi menanyakan berapa kandungan lokal komponen mobil desa tersebut

“Berapa komponen lokalnya,” tanya Jokowi sambil memegang mobil desa di booth mobil desa di GIIAS 2018.

“70 persen Pak,” jawab Direktur PT Kiat Inovasi Indonesia Sukiyat yang mengembangkan mobil AMMDES.

Jokowi juga tidak lupa menjajal duduk di kabin mobil desa tersebut, ditemani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kursi kemudi.

Baca juga:

Alasan Keluarga, Anang Hermansyah Tinggalkan Kursi Empuk DPR

Turis Inggris Tampar Petugas Indonesia, Dikecam Warga Inggris

Kunjungi RPTRA Kalijodo, Ketua DPRD DKI Temukan Gudang Minuman Botol

Ammdes dirancang dengan fungsi multiguna, tidak hanya untuk alat transportasi membawa hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, tetapi juga bisa sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

Menperin Airlangga Hartarto mengatakan dengan akses yang lebih bagus, akan menstimulus kegiatan ekonomi di wilayah tersebut sehingga mengurangi ketimpangan antara desa dan kota.

Ammdes dilengkapi dengan spesifikasi teknis khusus agar dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal. Dengan akses yang lebih bagus, akan menstimulus kegiatan ekonomi di wilayah tersebut sehingga mengurangi ketimpangan antara desa dan kota.

Selain dampak positif di bidang ekonomi, program Ammdes juga membuka peluang bagi pelaku industri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan (R&D), terutama rancang bangun dan teknologi desain.

BAGIKAN