Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Buah alpukat (avocado) atau bernama latin Persea americana Mill mengandung 25 nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut meliputi vitamin A, B, C, E, dan K, copper, zat besi, phosporus, magnesium, dan kalium.

Kandungan lainnya yang ada di dalam buah alpukat adalah serat. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan zat yang ada di dalam makanan dan paling besar di makanan nabati yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar pencernaan.

Meski rasa buah ini hambar, namun setelah melihat kandungan nutrisi dan serat yang ada di dalamnya tentu Anda kian yakin buah alpukat layak menjadi prioritas untuk dikonsumsi. Berikut manfaat yang didapat jika rutin makan alpukat.

1. Mengurangi resiko kanker
Buah alpukat juga bermanfaat untuk mencegah resiko penyakit kanker terutama kanker payudara. Kanker payudara biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kadar asam folat rendah di tubuhnya.

Bukan itu saja, alpukat juga bisa mengurangi resiko penyakit lainnya seperti kanker prostat, kanker lambung, usus besar, dan kanker pancreas. Di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan karotenoid yang memiliki kemampuan alami sebagai antikanker di tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa diminalisir dengan mengonsumsi buah alpukat. Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang termasuk alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, 22 persen penurunan di kedua LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

Baca Juga:

Hindari Obat, Begini Cara Redakan Sakit Kepala Secara Alami

7 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kecantikan

7 Manfaat Makan Terong Ungu Bagi Kesehatan

4. Mencegah osteoporosis
Di dalam buah alpukat juga mengandung vitamin K tinggi. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin K harian anda hanya dengan mengonsumsi setengah buah alpukat saja.

Vitamin K ini akan membantu penyerapan kalsium dan vitamin D lebih optimal pada tulang sehingga kesehatan tulang akan lebih baik. dengan adanya vitamin K ini juga akan membuat kalsium tidak mudah larut dan keluar melalui urin.

5. Mengurangi Resiko Stroke
Tingginya tingkat Folat dalam alpukat juga dapat melindungi dari resiko stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid lutein, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

7. Baik untuk program diet
Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah alpukat ternyata juga baik untuk menu andalan selama Anda menjalani program diet. Namun banyak orang yang justru takut mengonsumsinya karena dianggap bisa membuat gemuk.

Kuncinya adalah ketika mengonsumsi buah alpukat, sebaiknya anda tidak menambahkan gula. Penambahan gula ini justru akan membuat anda gemuk dan bisa jadi anda gagal pada diet yang sedang dilakukan.

BAGIKAN