Google Doodle rayakan ultah ke-100 Amalia Hernandez

Google Doodle peringati warisan Amalia Hernandez (Fot:Google)

@Rayapos.com | Jakarta: Halaman utama Google hari ini, Selasa (19/9) menampilkan Google Doodle dengan ilustrasi beberapa penari mengenakan pakaian warna-warni.

Ilustrasi ini untuk merayakan ulang tahun ke-100 Amalia Hernandez, seorang koreografer balet yang berasal dari Meksiko. Saat Hernandez berusia 17 tahun, ia bergabung ke sekolah balet National School of Dance oleh Nellie Campobello. Namun akibat konflik dengan pemilik sekolah, Hernandez memutuskan keluar dan mengajar di Fine Arts National Institute. Sejak saat itu, ia membangun kariernya sebagai koreografer.

Di tahun 1952, wanita kelahiran 19 September 1917 ini mendirikan Ballet Folklórico de México. Folklórico adalah kelompok tari yang membawakan tarian balet dengan menggunakan kostum tradisonal dan membawa nilai-nilai tradisi Meksiko mendunia.

Amalia Hernandez
Amalia Hernandez

Hernandez berhasil menciptakan 40 tarian balet yang menggabungkan tradisi tari lokal dari sekitar 60 wilayah di Meksiko. Awalnya, Folklórico hanya memiliki delapan penari. Seiring perjalanannya, kelompok ini berkembang dan beranggotakan lebih dari 300 penari.

Kelompok Folklórico menjadi kelompok penari pertama yang menamiplkan balet di televisi pada tahun 1954. Setelahnya, mereka rutin tampil dalam siaran mingguan.

Penampilan tersebut membuat Folklórico semakin populer hingga ke mancanegara. Hernandez dan tim penarinya pun melakukan tur pertunjukkan hingga ke Amerika Utara dan bahkan mendapat kehormatan mewakili Meksiko dalam Pan American Games di tahun 1959.

Folkrorico pernah tampil di Opera House, Radio City Music Hall di New York, Dorothy Chandler Pavilion di Los Angeles, Auditorium Theatre di Chicago, hingga Bass Performance Hall di Fort Worth.

Balet Folkrico
Balet Folkrico

Selain itu Hernandez juga mendirikan sekolah balet Folkloric Ballet School in Mexico City pada 1968.

Ballet Folklorico de Mexico masih tampil hingga hari ini, dan telah disaksikan lebih dari 22 juta orang sejak diluncurkan pada tahun 1952.

Amalia Hernandez meninggal pada tahun 2002, saat bekerja dengan anak perempuan dan cucunya. Hernandez dikenang sebagai duta budaya Meksiko yang warisannya bertahan melalui Ballet Folklorico.

Comments

comments