Gubernur: Masyarakat Perbatasan Perlu Diberdayakan

rayapos.com - lahan - RPJMD
Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya. (Foto: Bisnis.com)

@Rayapos | Kupang: Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya menilai masyarakat NTT yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Republik Demokrat Timor Leste harus diberdayakan untuk menumbuh kembangkan perekonomian di daerah itu.

“Pembangunan wilayah perbatasan itu tidak sekedar membangun pos lintas batas negara yang megah saja, tetapi juga bagaimana kita mengatur masyarakat di wilayah perbatasan mesti diberdayakan,” katanya kepada Antara di Kupang, Senin.

Orang nomor satu di NTT itu menilai untuk meningkatkan perekonomian di daerah itu, perlu juga dibangun infrastruktur lainnya untuk mendukung perekonomian di daerah itu.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah pembangunan dalam hal penerangan atau kelistrikan agar terlihat indah dan perekonomian di daerah itu juga dapat berjalan dengan baik.

“Saya sudah mendapatkan kabar juga bahwa akan dibangun pula pasar di kawasan PLBN itu sehingga perekonomian di daerah itu akan berjalan dengan baik,”ujarnya.

Keberadaan pasar itu nantinya dari sisi ekonomi akan mendorong masyarakat perbatasan dari bidang ekonomi untuk terus bergerak.

Masyarakat perbatasan juga diharapkan memiliki komoditas unggulan, atau keterampilan unggulan yang dapat dijual di PLBN tersebut, sehingga keberadaan PLBN di Mota Ain bisa memberikan dampak yang bagus bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Gubernur NTT dua periode itu juga menilai bahwa kawasan perbatasan itu, nantinya akan menjadi kawasan wisata yang menarik bagi masyarakat Indonesia serta masyarakat dari Timor Leste, karena memang bangunan perbatasannya sangat megah dan justru lebih bagus dari negara tetangga RDTL.

Frans Lebu Raya yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai PDI-P NTT ini juga mengatakan perhatian pemerintah pusat untuk wilayah perbatasan di NTT sangat intensif.

“Bulan kemarin di Mota Ain, tinggal dua PLBN lagi yang saat ini sedang dalam pembangunan, yakni PLBN Wini dan PLBN Motamasin. [ant]

Comments

comments