Habib Bahar (ANTARA FOTO)

@Rayapos | Jakarta – Mabes Polri telah menetapkan status tersangka terhadap Habib Bahar bin Smith. Status tersebut berlaku setelah Habib Bahar bin Smith menjalani pemeriksaan selama 11 jam di Bareskrim Polri.

“Benar bahwa hasil gelar perkara penyidik, HBS telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah dilakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi Syahar Diantono ketika dikonfirmasi, Jumat, (7/12/2018).

Baca juga:

Survei LSI: Program Prabowo-Sandi Belum Didengar Masyarakat

Gempa 5 Skala Richter Guncang Kabupaten Lebak

Syahar menjelaskan, Habib Bahar bin Smith dan pengacaranya juga telah melakukan penandatanganan BAP atas status tersangka tersebut.

Kendati demikian ia menegaskan Habib Bahar bin Smith tidak langsung ditahan meski statusnya telah dinaikan menjadi tersangka.

“Namun tidak dilakukan penahanan dan HBS telah kembali,” ujarnya.

Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar, mengatakan kliennya ditetapkan tersangka terkait sangkaan Pasal 4 b butir kedua UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Diskriminasi Ras dan Etnis. Tim pengacara akan berdiskusi untuk menyikapi status tersangka itu.

Menurut Aziz, Habib Bahar siap bertanggung jawab atas tindakannya.

“Habib nggak ada respons yang bagaimana-bagaimana karena memang kooperatif dan memang bersedia mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujar Aziz ditanya wartawan mengenai respons Habib Bahar atas penetapan status tersangka.

BAGIKAN