Harga Cabai Mulai Turun di Padang Panjang

rayapos.com - Cabai Bandarlampung
Harga cabai naik. (Foto: ANTARA News Jawa Timur)

@Rayapos | Padang Panjang: Harga cabai merah biasa ditingkat pedagang pengencer pasar tradisional Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai berangsur turun pada minggu ke IV Januari 2017.

“Penambahan stok cabai berangsur lancar, dan permintaan mulai stabil sehingga berdampak langsung terhadap turunnya harga cabai merah,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Perdagkkop) Padang Panjang, Arpan di Padang Panjang, Kamis (26/1).

Ia menjelaskankan banyaknya stok dan kelancaran pasokan sangat mempengaruhi harga cabai di pasar-pasar sebab harga masih berdasarkan mekanisme pasar.

“Harga cabai merah turun sebesar Rp5.000 dari Rp55.000 menjadi Rp50.000 perkilogram. Kondisi ini berlangsung seminggu terakhir,” ujarnya.

Ia berharap panen petani baik dari daerah asal pengirim atau pun lokal segera membaik agar pasokan bisa dimaksimalkan dan harga kembali stabil sehingga permintaan dapat terpenuhi.

“Semoga dalam waktu dekat panen petani membaik dan pasokan cabai baik dari lokal ataupun daerah sentra dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Ia mengemukakan selain masalah produksi, masalah transportasi yang sering terganggu akibat buruknya cuaca juga menjadi penyebab atas kenaikan harga cabai karena penambahan stok tersendat.

Pemkot Padang Panjang sendiri saat ini menyiapkan 20 hektare lahan kering untuk ditanamai cabai sebagai upaya menekan harga salah satu kebutuhan pokok itu yang masih tinggi.

“Kami sudah siapkan lahan kering seluas 20 hektar untuk ditanamai cabai di Padang Panjang 2017 ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Padang Panjang, Ade Nafrita.

Ia menyebutkan lahan kering untuk tanaman cabai itu tersebar di kecamatan Padang Panjang Timur dan Padang Panjang Barat.

Ia menjelaskan dengan adanya pemanfaatan lahan kering untuk tanaman cabai itu dindikasikan bisa menurunkan harga cabai di daerah itu.

Ia menyebutkan dengan luas lahan 20 hektare itu bisa menghasilkan cabai sekitar 100 ton sekali panen, karena satu hektare bisa menghasilkan lima ton cabai sekali panen.

Masyarakat Padang Panjang, Pendi berharap harga cabai ini bisa stabil untuk memenuhi kebutuhan harian, karena cabai merupakan komoditi utama.

Cabai merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Mudah-mudahan apa yang dilakukan pemerintah untuk menstabilkan harga bisa terealisasi,” ujarnya. [ant]

Comments

comments