Harga Saham Mandiri Meningkat 29 Persen

@Rayapos | Jakarta: Harga saham PT Bank Mandiri Persero Tbk dengan kode emiten BRMI meningkat 29 persen selama 2016 (yoy).

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu(25/1), mengatakan peningkatan harga saham tersebut didorong oleh keyakinan investor, terutama yang ada dari luar negeri, terhadap kinerja perseroan.

“Merekalah (investor) yang memberikan apresiasi peningkatan harga saham 29 persen ini, artinya tingkat kepercayaan investor asing kepada Mandiri cukup tinggi,” kata dia.

Walaupun perbankan mengalami kondisi peningkatan rasio kredit bermasalah, Rohan menyebut peningkatan harga saham yang dialami Bank Mandiri merupakan wujud keyakinan investor kepada perseroan.

Dia menjelaskan 80 persen dari pemegang saham publik Mandiri (sekitar 32 persen) adalah investor asing yang berasal dari Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

Para investor dari luar negeri tersebut dinilai mampu melihat upaya Mandiri dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dialami perseroan ke depannya.

“Bahwa Mandiri mengalami peningkatan kredit bermasalah, tetapi hasil ‘road show’ ke investor luar negeri menunjukkan bahwa mereka melihat keterbukaan masalah kami dan strategi kami ke depannya. Bukan persoalannya yang dibahas, tetapi bagaimana keluar dari persoalan ini,” kata Rohan.

Sementara itu, Rohan juga mengatakan kapitalisasi pasar Bank Mandiri mengalami peningkatan sebesar 25 persen di 2016, yaitu dari Rp215,8 triliun menjadi Rp270 triliun. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY