Stephaine Kwolek - Penemu Kevlar (Foto : Getty Images)

@Rayapos | Jakarta – Berbicara soal tokoh penemu, anda pasti akan mudah mengingat nama-nama seperti Galileo, penemu teleskop, atau Karl Benz yang menemukan mobil, Alexander Graham Bell yang dikenal sebagai penemu telepon dan Benjamin Franklin penemu kacamata dan penangkal petir.

Tapi pernahkah anda mendengar nama Grace Hopper dan Stephanie Kwolek?

Dua nama tersebut adalah perempuan penemu yang berjasa di bidang ilmu pengetahuan. Salah seorang di antaranya adalah perempuan penemu kompiler untuk pemrograman komputer. Tanpa sumbangsihnya, perkembangan komputer tidak akan seperti saat ini. Sedangkan yang seorang lagi adalah penemu Kevlar, material yang lima kali lebih kuat dari baja dan kini digunakan di seluruh dunia untuk melindungi diri dari hantaman peluru. Hebat bukan?

Sayangnya, kehebatan para perempuan penemu itu kerap tidak mendapat tempat di dunia. Sejarah dunia seolah mengubur prestasi kaum perempuan.

Untuk mengungkap betapa hebatnya perempuan itu, berikut beberapa temuan penting yang dilakukan perempuan dalam 100 tahun terakhir seperti dikutip dari One.org;

1. Dr. Shirley Jackson – Peneliti yang menemukan perangkat telekomunikasi

Dr.-Shirley-Jackson
Dr.-Shirley-Jackson

Shirley Jackson adalah peneliti bidang fisika berkulit hitam pertama yang menerima gelar Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1973. Saat bekerja di Bell Laboratories, dia melakukan terobosan penelitian ilmiah dengan partikel sub-atomik yang memungkinkan orang lain menemukan faks portabel, telepon nada sentuh, sel surya, kabel serat optik, dan teknologi di balik ID pemanggil dan panggilan tunggu. Bayangkan semua informasi penting yang Anda lewatkan tanpa wanita yang menakjubkan ini!

2. Marie Curie – Teori Radioaktivitas

Marie Curie di laboratoriumnya
Marie Curie di laboratoriumnya

Marie Curie, adalah seorang fisikawan Polandia keturunan Prancis, yang menelurkan teori radioaktiv, yakni teknik untuk mengisolasi isotop radioaktif, dan penemuan dua unsur, polonium dan radium (1898 ). Akibat penemjanini ia memenangkan dua hadiah Nobel untuk kontribusinya terhadap sains! Marie Curie adalah orang pertama dalam sejarah yang memenangkan dua penghargaan Nobel dan satu-satunya orang yang memenangkan dua kali dalam banyak bidang ilmu!

3. Nancy Johnson – pembuat es krim

Nancy Johnson
Nancy Johnson

Pada tahun 1843, Nancy dari Philadelphia menjadi salah satu wanita terpenting dalam sejarah dengan mematenkan desain pembuat es krim yang dioperasikan dengan tangan. Teori itu masih digunakan sampai hari ini! Kami tidak tahu apa lagi yang harus dikatakan selain terima kasih, Nancy Johnson. Terima kasih.

4. Maria Telkes – Rumah 100% bertenaga surya

Dr Maria Telkes
Dr Maria Telkes

Maria Telkes adalah ilmuwan Hungaria yang dikenal karena menciptakan generator tenaga thermoelectric pertama di tahun 1947. Ia merancang sistem pemanas matahari pertama untuk Dover Sun House di Dover, Massachusetts, dan kulkas termoelektrik pertama pada tahun 1953 dengan menggunakan prinsip termoelektrikitas semikonduktor. Kekuatan cewek memang!

5. Ann Tsukamoto – Isolasi sel induk

Ann Tsukamoto
Ann Tsukamoto

Ini adalah penemuan AS terbesar pada tahun 1991. Kemampuan untuk mengisolasi sel induk sangat penting dalam kemajuan medis untuk mengetahui lebih banyak tentang kanker. Harapannya adalah suatu hari nanti hal itu bisa menyebabkan penyembuhan penyakit itu dan banyak penyakit lainnya.

6. Grace Hopper – Pemrograman Komputer

Grace Murray Hopper di UNIVAC .
Grace Murray Hopper di UNIVAC .

Grace Hopper yang lahir di AS dan Howard Aiken merancang komputer Mark I Harvard, mesin berukuran lima ton seukuran kamar pada tahun 1944. Hopper menemukan compiler yang menerjemahkan bahasa tertulis ke dalam kode komputer dan menciptakan istilah “bug” dan “debugging”. Bayangkan, seperti apa dunia ini sekarang jika tanpa penemuannya.

7. Elizabeth Magie – Monopoli

Elizabeth Magie
Elizabeth Magie

Berbicara tentang waktu sebelum komputer, tidak ada kenangan masa kecil yang lengkap tanpa permainan monopoli. Permainan monopoli awalnya dipatenkan pada tahun 1904 oleh Magie dan disebut ‘The Landlord’s Game.’ Permainan ini adalah sebuah kritik terhadap ketidakadilan kapitalisme yang tidak terkendali. Namun ironis permainan itu dicuri oleh seorang bernama Charles Darrow yang menjualnya ke Parker Brothers pada tahun 1935. Perusahaan tersebut pada akhirnya melacak Elizabeth Magie, tapi hanya menawarkan $ 500 untuk penemuannya!

8. Rosalind Franklin – DNA double helix

Rosalind-Franklin.png
Rosalind-Franklin

Meskipun penemuan heliks ganda DNA sering dikaitkan dengan Watson dan Crick, yang memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi pada tahun 1962, namun sebenarnya itu bukan hak merreka. Watson an Crick memang memiliki teori tentang struktur DNA, namun karya Rosalind Franklin lah yang mengkonfirmasi teori mereka.

Rosalind Franklin, seorang ahli biofisika Inggris, adalah orang pertama yang menangkap gambar foto pada tahun 1952 dengan menggunakan teknik mengasah: mengamati molekul menggunakan difraksi sinar-X. Lalu mengapa franklin tidak pernah diakui sebagai penemunya? Ternyata, tanpa sepengatahuannya,seorang yang tak dikenal bernama Wilkin telah membocorkannya kepada Watson dan Crick, yang kemudian mengklaim teori itu sebagai penemuan mereka.

9. Maria Beasley – Sekoci

Maria Beasly
Maria Beasly

Pada tahun 1882, Maria Beasely dari Amerika Serikat berpikir tak boleh ada orang yang mati di tengah laut karena kecelakaan atau dalam keadaan darurat. Nah, berkat penemuan sekocinya dengan navigasi yang efektif dan sangat membantu, maka terciptalah sekoci. Sekarang, berkat temuan Maria, jutaan nyawa telah diselamatkan!

10. Stephanie Kwolek – Kevlar

Stephanie Kwolek
Stephanie Kwolek

Penemuan kevalr ini sebenarnya merupakan insiden kecelakaan yang dilakukan oleh ahli kimia Amerika Stephanie Kwolek pada tahun 1965 di laboratorium. Namun gara-gara insiden tersebut, Kwolek akhirnya menemukan material yang lima kali lebih kuat dibanding baja. Kini Kevlar digunakan untuk tameng atau pelindung tubuh, peleg sepeda, panci penggorengan, alat musik dan konstruksi bangunan dan sebagainya.