Ilustrasi. Foto: Shutterstock

@Rayapos | Hampir semua orang tahu, makan nasi membuat badan gemuk. Tapi, jarang yang tahu bahwa tetap makan nasi, badan tidak gemuk. Ada caranya…

Seperti diketahui, nasi putih mengandung 200 kalori. Ditambah lauk kari ayam, santan, atau hidangan apa pun, dipastikan kita mengonsumsi lebih dari 400 kalori, sekali makan.

Namun, hasil penelitian di Amerika, ada cara makan nasi tapi tidak membuat badan melar. Sehingga
kita tenang saja, mengonsumsi nasi tanpa takut kelebihan kalori.

Mendinginkan nasi, dapat memangkas kalori hingga hampir 60 persen. Akibatnya, sangat mudah menurunkan berat badan.

Menurut penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan nasional American Chemical Society, menggunakan minyak kelapa dan kulkas dapat memangkas kalori hingga hampir 60 persen.

Baca Juga:

Caranya, menyimpan nasi di lemari es selama 12 jam. Itu berdampak besar menurunkan jumlah kalori.

“Dengan menguji 38 jenis beras yang berbeda dan mensimulasikan pencernaan manusia dalam tabung reaksi, mereka menyusun resep menurunkan kalori pada nasi.” kata para peneliti.

Caranya dengan mencampur beras yang akan dimasak dengan satu sendok minyak kelapa. Setelah matang, nasi disimpan dalam kulkas selama 12 jam.

Meski terlihat aneh karena mendinginkan nasi, namun cara tersebut berhasil menurunkan kalori sebanyak 60 persen dan aman untuk diet.

Tapi, masyarakat kita paling suka nasi hangat, atau baru saja matang. Memakan nasi hangat rasanya nikmat. Ini sudah lazim.

Nah… bayangkan, makan nasi putih yang sudah disimpan di kulkas 12 jam. Dingin sekali. Apakah anda suka? Tapi, ini demi kesehatan tubuh. Maka, terserah anda. (*)