Calon Presiden Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

@Rayapos | Jakarta – Media Survei Nasional (Median) menyatakan pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno unggul di pengguna media sosial. Sementara pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, kalah tipis.

“Dari 100 persen pemilik akun Facebook, 42,9 persen mendukung Prabowo dan 42,4 persen mendukung Jokowi, sementara 14,7 persen undecided,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam konferensi pers Elektabilitas Capres: Mampukah Jokowi Berlari Kencang dan Prabowo Mengejar di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Baca juga:

PDIP Yakin Ahok Tak Kurangi Suara Jokowi di Pilpres 2019

Prabowo Juga Didemo Gara-Gara Polemik Kedubes Australia

Meski begitu, Rico mengingatkan tim Prabowo-Sandi tidak hanya menang di media sosial, tapi juga di media konvensional. Menurut Rico, pengguna media sosial rata-rata hanya anak-anak muda, sedangkan orang tua kebanyakan melihat media massa.

“Saran saya kepada Prabowo yang unggul di medsos itu, sementara itu tidak cukup memenangkan dia, dia harus menang di media konvensional. Kalau dari usia, pendukung Jokowi itu semakin usianya di atas 40 tahun, itu kan sebagian besar memiliki Jokowi, maka kelompok dengan usia 50 tahun tidak aktif di media sosial,” jelasnya.

“Jadi keunggulan Prabowo di medsos, tidak bisa terserap publik yang mungkin sebagian besar di atas 40 tahun. Dia harus bergaung di media konvensional, dia harus ke koran, itu pesannya kalau dia mau menang. Di medsos pengguna muda iya, yang usia atas dia harus masuk TV, online, dan juga koran,” sambung Rico.

Survei dilakukan pada periode 4-16 November 2018 terhadap 1.200 responden. Populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih.

Survei dilakukan dengan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut ini persentase Prabowo-Sandi dan Jokowi- Ma’ruf bagi pengguna medsos:

Facebook:
01. Jokowi-Ma’ruf Amin: 42,4 persen
02. Prabowo-Sandiaga: 42,9 persen
Belum memutuskan: 14,7 persen

Twitter:
01. Jokowi-Ma’ruf Amin: 29,5 persen
02. Prabowo-Sandiaga: 59,2 persen
Belum memutuskan: 11,3 persen

Instagram:
01. Jokowi-Ma’ruf Amin: 39,1 persen
02. Prabowo-Sandiaga: 48,9 persen
Belum memutuskan: 12,0 persen

BAGIKAN