Noorhilim di depan teller bank di Banjarmasin. Foto: Facebook

@Rayapos | Banjarmasin – Wanita diduga pengemis menarik uang Rp 115 juta dari sebuah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Direkam video, beredar di Youtube dan viral. Videonya bisa disimak di dalam berita ini.

Wanita itu bernama Noorhilim. Pihak keluarga dia sudah memberikan klarifikasi. Bahwa tidak seluruh uang (Rp 115 juta) hasil mengemis. Tapi, pihak keluarga mengakui, Noorhilim sehari-hari mengemis.

Video berisi Noorhilim mengambil uang di bank, diunggah beberapa akun di Facebook. Antara lain, akun Facebook Andre Noval. Ditulis, “PENGEMIS AMBIL TABUNGANYA 115JUTA

Ditambahkan: “Salah satu pengemis yang suka meminta2 di pasar lama ternyata punya simpanan ratusan juta rupiah disalah satu Bank di Banjarmasin.”

Dalam video itu, terlihat sesosok perempuan berpakaian lusuh sedang sibuk menghitung uangnya dibantu seorang teller bank.

Ditulis pula: “Duit hasil minta-minta (mengemis), kayanya mencapai sebesar Rp 115 juta,” ujar seorang lelaki seraya memanggil perempuan berkerudung cokelat pada video tersebut.

Sapaan lelaki itu tak digubris Noorhilim. Dia tenang saja. Dia sibuk mengambil uang yang sudah diberikan teller bank.

Inilah Videonya:

Tidak Sepenuhnya Hasil Mengemis

Abdul Muin, keluarga Noorhilim, menampik tegas. Dia membantah, bahwa seluruh uang adiknya di bank merupakan hasil mengemis. Dia menduga, hanya separonya hasil mengemis.

“Uang itu hasil pembagian harta warisan, penjualan rumah keluarga kami, yang masing-masing mendapatkan Rp50 juta,” katanya.

Sedangkan sisanya, Muin tidak membantah, bahwa adiknya memang kerap meminta-minta dari rumah ke rumah sehari-harinya. Hasilnya dikumpulkan hingga kemungkinan jadi sebanyak itu.

Baca Juga:

Muin mengatakan, Noorhilim sedikit mengalami gangguan jiwa. Dia punya seorang anak.

“Jadi kadang kalau diusilin atau dikata-katain, Ilim (Noorhilim) kerap marah. Hanya saja, kalau soal uang, dia memang tahu. Ilim juga tergolong apik dalam menyimpan uang. Bahkan saya sendiri tidak tahu berapa tabungannya di bank,” katanya.

Muin kecewa atas tersebarnya video adiknya tanpa konfirmasi. Ia berharap semoga video tersebut tidak menimbulkan dampak negatif terhadap adiknya.

“Saya sendiri sebelumnya sempat kaget setelah melihatnya video itu di handphone anak saya. Tidak tahu siapa yang menyebarkannya,” kata Muin. (*)

BAGIKAN