Foto: Dok Polda Kalbar

@Rayapos | Pontianak – Heboh di medsos, seorang pria bangkit dari kubur. Videonya ditonton banyak orang (ada link-nya di berita ini). Ternyata, pria bernama Susanto itu bukan mati lantas hidup lagi, melainkan hanya nyaris mati.

Warga sengaja mengubur setengah badan Susanto. Sebagai penyelamatan setelah Susanto tersetrum arus listrik. Nyaris mati. Tapi nyawanya justru terselamatkan setelah dikubur.

Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono kepada wartawan, Kamis (12/7/2018) menjelaskan, Susanto adalah tukang las. Dia membuat kanopi di sebuah rumah. Saat bekerja, dia tersetrum listrik. Pingsan.

Warga yang melihat, langsung membawa Susanto ke sawah dan melumuri dengan lumpur. Alasannya untuk mengurangi aliran listrik yang ada di dalam tubuh Susanto.

“Adapun pertolongan pertama yang dilakukan warga sekitar, setelah kejadian tersebut, yaitu dengan mengubur bagian tubuh korban dengan menggunakan lumpur. Mulai dari leher sampai ke kaki guna menghilangkan induksi aliran listrik dalam tubuh korban (Ground),” jelas Kapolda Didi.

Baca Juga:

Setelah dikubur, Susanto yang semula tak sadarkan diri tiba-tiba saja bergerak. Tangannya tampak terangkat dan digerakkan. Warga langsung membawanya ke puskesmas setempat.

“Setelah itu korban langsung dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, kemudian dirujuk ke RS. Rubini Mempawah untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” kata Didi.

Berikut ini videonya:

BAGIKAN