Hendrawan Supratikno: PDI Perjuangan Komitmen Untuk Segera Selesaikan RUU Tax Amnesty

@Rayapos | Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) pengampunan pajak yang tak kunjung disahkan menjadi Undang-Undang (UU) oleh DPR RI, menemukan titik terang setelah “penguasa parlemen”, PDI Perjuangan menegaskan rasa optimis bahwa RUU tersebut akan segera diselesaikan.

Hal itu dikatakanWakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno, di Jakarta, Kamis (19/5).

Anggota Komisi XI DPR RI ini menyataklan bahwa saat ini simpul persoalan sudah bisa mulai diurai. Ia kemudian mencontohkan perihal sikap Fraksi Gerindra yang tadinya paling menentang RUU Tax Amnesty. Namun saat ini, justru ketua panitia kerja datang dari kader Gerindra.

“Tapi sekarang ketua Panja dari Gerindra. Artinya terjadi konvergensi pandangan. Maka diperkirakan pertengahan Juni, RUU itu bisa diselesaikan,” kata Hendrawan.

Sejauh ini, semua fraksi juga sudah menyerahkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) atas draf RUU usulan Pemerintah. Hanya Fraksi Partai Demokrat yang belum memberikan, dengan alasan Ketua Umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono, sedang berada di luar negeri.

Menurut Hendrawan, PDI Perjuangan mempunyai komitmen yang tinggi untuk segera menemukan kata sepakat, supaya RUU bisa disahkan menjadi UU.

“‎PDIP sih komit mengegolkan ini. Tapi harus diingat, dukungan kami bersifat kritis agar produknya berkualitas dan kredibel. Apalagi pemerintah menjadikan RUU ini jadi salah satu sumber penerimaan negara di jangka pendek, dan membangun basis perpajakan sehat di jangka panjang. Dan semua fraksi setuju. Semua juga sudah serahkan DIM,” pungkas Hendrawan.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY