Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala atau pusing. Biasanya penyakit ini sering menyerang ketika terlambat makan atau kurang istirahat. Meski tak serius, penyakit ini tak boleh diremehkan karena dapat mengganggu aktivitas.

Untuk meredakan rasa nyeri ini, banyak diantara kita lebih memilih mengkonsumsi obat sakit kepala. Namun mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan karena kandungan bahan kimia masuk ke dalam tubuh.

Aspirin, sebagai salah satu obat pereda sakit kepala yang terus Anda minum dalam jumlah banyak dan sering dapat merusak ginjal. Jadi tidak usah terburu-buru menggunakan obat-obatan. Ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat.
Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018), kurangilah konsumsi obat, sembuhkan sakit kepalamu dengan cara-cara sederhana. Berikut cara menghilangkan sakit kepala secara alami.

1. Perbanyak minum air mineral
Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah minum air mineral sebanyak-banyaknya. Hal ini untuk menjaga agar tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami sakit kepala.

2. Menggunakan es batu
Es batu yang tentu saja dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab. Sensasi dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya.

Cara menghilangkan sakit kepala dengan es batu adalah dengan membungkus bongkahan es pakai kain, lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

Baca Juga:

7 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kecantikan

7 Manfaat Makan Terong Ungu Bagi Kesehatan

Selain Segar Dikonsumsi, Mentimun Bermanfaat Bagi Kecantikan

3. Mengonsumsi kentang
Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Kentang merupakan sumber kalium yang bisa meredakan rasa nyeri ini. Cara menghilangkan sakit kepala dengan kentang adalah dengan mengonsumsi kentang rebus.

4. Mengkonsumsi pisang
Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Senyawa ini dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin untuk menghilangkan sakit kepala berkepanjangan.

5. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint
Mint bisa jadi cara menghilangkan sakit kepala. Namun secara spesifik, mint bisa menyembuhkan sakit kepala yang disebabkan karena terlambat makan dan maag.

6. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih
Uap yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda, sehingga sakit kepala pun mereda. Cara menghilangkan sakit kepala ini adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

7. Memijat pelipis dan melakukan peregangan kecil
Terserang sakit kepala ketika bekerja akan mengganggu fokusmu. Luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil, agar otot-ototmu mengalami relaksasi dan kamu dapat kembali bekerja dengan tenang.

Lakukan pijatan lembut ini terhadap otot-otot yang kamu rasa tegang misalnya leher dan tangan.