Hindari Penyakit Kencing Manis Dengan Membangun Pola Makan Sehat Dari Lingkungan Rumah

@Rayapos | Jakarta: Kebiasaan makan yang salah setiap hari di rumah ternyata dapat memicu penyakit diabetes melitus tipe 2. Oleh sebab itu pola makan yang sehat harus diajarkan mulai dari anggota-anggota keluarga.

Ketika menu makanan sehari-hari di dalam rumah tidak memenuhi standar kesehatan, maka seluruh anggota keluarga dipastikan memiliki resiko tinggi untuk terpapar berbagai jenis penyakit, termasuk apa yang akrab disebut kencing manis, atau penyakit gula.

“Mereka tinggal di satu keluarga, anak-anak akan terpapar juga pada makanan yang manis. Anak akan terbiasa meminum teh manis misalnya. Pola makan yang berulang mengakibatkan anak terbiasa makan seperti itu sampai dewasa jadi mudah terkena diabetes,” ujar dr Asri Maharani, MS, PhD.

Dr. Asri juga mengatakan, keluarga yang memiliki pola hidup yang sehat dapat mencegah diabetes. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula akan menghindarkan anak-anak dari penyakit diabetes.

Hal ini disampaikan langsung oleh dr Asri ketika mengikuti konferensi pers National Seminar on Non-communicable and Life Style Disease, Kamis (19/5) di JW Marriott Hotel, Jakarta.

Ia juga mengatakan mengganti gula pasir atau gula aren dengan makanan bebas gula tidak sepenuhnya mencegah diabetes.

“Ingat, gula bukan hanya datang dari gula seperti gula pasir, tapi juga makanan yang mengandung gula,” kata dr Asri.

Konsumsi gula yang normal seorang per harinya yaitu 4-5 sendok makan dan kebutuhan akan gula tersebut sebenarya sudah terpenuhi jika memakan nasi ataupun sayur setiap harinya. [Prilly Sumual]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY