Hotman Paris dan mobil mewahnya. Foto: Instagram

@Rayapos | Jakarta – Hotman Paris dan istri sempat ditahan polisi di Italia, karena membawa uang berlebih. Dia diperiksa polisi setempat, lalu didenda 200 Euro (sekitar Rp 3,2 juta).

Persoalannya sepele. Di negara itu ada aturan, wisatawan asing dilarang membawa uang tunai lebih dari 10.000 Euro (sekitar Rp 150 juta).

Sedangkan isteri Hotman, saat itu di bea cukai kedapatan membawa uang 20.000 Euro.

Maka, Hotman dan isterinya ditangkap. Diperiksa. Mereka diduga teroris.

Hotman menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Saat berada di Milan, Italia, Sang istri kedapatan membawa uang sebanyak 20 ribu Euro di dalam tas.

“Istri saya kan lagi batuk-batuk. Dia taruh duit di sembarang tempat. Kan di sana peraturannya, tidak boleh bawa duit keluar. Boleh bawa duit tapi harus dilaporkan,” katanya dikutip dari Insert, Senin (3/12/2018).

Padahal, ada aturan bawa uang tunai untuk para traveler.

Dikutip dari situs resmi Italian National Tourist Board, Senin (3/12/2018), bahwa ada regulasi yang mengatur aliran keluar masuk uang tunai di Italia dan negara Uni Eropa lain.

Membawa uang pribadi yang diperbolehkan hanya sampai 10 ribu Euro. Jika membawa uang lebih banyak dari itu, maka harus mengisi formulir pernyataan bea cukai.

“Tidak diperlukan mendeklarasi uang pribadi atau sejenis dengan nilai hingga 10.000 Euro. Jika jumlahnya melebihi maka harus mengisi formulir pernyataan pabean yang sesuai,” tulis situs tersebut.

Hotman Bawa Duit Lebih Banyak dari Isteri

Isteri Hotman kedapatan membawa 20.000 Euro. Padahal, Hotman membawa lebih dari 30.000 Euro. Tapi tidak ketahuan polisi.

Hotman sempat ditanya polisi tentang jumlah duitnya. Hotman mengaku, bawa kurang dari 5.000 Euro.

“Waktu ditanya, ‘berapa duit lu?’ Gue bilang kurang dari 5.000 Euro. Padahal di kaus kaki gue, di mana-mana ada 30 ribu (Rp 450 juta). Nggak ketahuan,” kata Hotman.

Jadi, sebenarnya suami-isteri ini membawa total sekitar 50.000 Euro (sekitar Rp 750 juta). Yang ketahuan hanya isteri Hotman.

Baca Juga:

Bamukmin Bungkam Soal Lagu ‘Presiden Raja Bohong’ di Reuni 212

Mahfud MD Sebut Peserta Reuni 212 Belum Tentu Keimanannya Kuat

Jakarta Hujan, Genangan di Duren Sawit 70 Cm

Hotman beserta istri akhirnya di-BAP kepolisian Italia. Sang anak bergerak memanggil pengacara di Italia dan Swiss untuk membantu.

Permasalahan tersebut akhirnya diselesaikan. Hotman dan istri diwajibkan membayar denda 200 Euro atau sekitar Rp 3,2 juta. (*)

BAGIKAN