Imlek : Upacara Penyalaan Pelita di Vihara

@Rayapos | Bengkulu:  Umat Budha di Provisi Bengkulu menggelar penyalaan pelita di Vihara Buddhayana, Kampung cina, Kota Bengkulu dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2568.

Biksu Vihara Buddhayana Suhu Nyana Sukha, di Bengkulu, Jumat, mengatakan penyalaan pelita adalah salah satu ibadah yang digelar sehari sebelum perayaan Tahun Baru Imlek.

“Penyalaan pelita ini dimaksud agar menerangi, di sana terkandung makna agar hati kita yang selama ini tertutupi hal kotor menjadi lebih terang ke depannya,” kata dia.

Ibadah penyalaan pelita digelar pada Jumat (27/1) pagi, ibadah perayaan Imlek akan dilanjutkan dengan doa-doa pada tengah malam pergantian hari dan dilanjutkan dengan ibadah parita pada subuh esok harinya atau Sabtu (28/1).

Suhu Nyana Sukha mengatakan ibadah pelita diawali dengan penyalaan cairan lilin yang berada di dalam cawan yang disusun berjejer pada empat bagian di ruang ibadah Vihara Buddhayana.

Selain itu, dua bagian terletak di depan mengapit sisi kiri dan kanan altar dewa dan dua lagi berada pada sisi kiri dan kanan tempat jemaah berdoa, pada cawan tertulis nama umat yang menyalakannya.

Setelah penyalaan, jemaah yang datang melanjutkan dengan berdoa yang dipimpin oleh Biksu Suhu Nyana Sukha.

Doa itu kata biksu berisikan rasa terima kasih atas berkah kebajikan yang telah diterima selama satu tahun belakang dan harapan untuk tahun ke depan.

“Semoga kita lebih bijaksana di tahun yang baru ini,” ucap biksu Suhu Nyana Sukha usai sembahyang ibadah pelita.

Comments

comments

LEAVE A REPLY