Pulau Derawan (Java Wisata Bandung)

@Rayapos | Jakarta – Indonesia dikenal dengan wilayah kepulauannya yang luas. Alamnya yang memiliki berjuta pesona indah selalu menjadi daya Tarik bagi para wisatawan.

Dan di era digital saat ni, berbagai pulau dan tempat wisata baru pun menjadi gampang dikenal orang, apalagi setelah para traveler menjajakan kaki mereka dan membagikan foto-foto tempat wisata eksotis yang ada di Tanah Air.

Salah satu surga pantai berpasir putih dengan keindahan lautnya dapat ditemukan di Pulau Derawan, sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Penasaran apa saja yang ditawarkan pulau ini? Cek ulasan di bawah ini.

1.Laut Biru Toska dengan Berbagai Biota Laut

Alam laut di Pulau Derawan (Bernas.id)
Alam laut di Pulau Derawan (Bernas.id)

Perairan Derawan bisa dibilang sangat seksi. Sebab pulau ini memiliki lautan dengan air yang jernih berwarna biru toska yang membuat siapa saja tak tahan untuk segera nyebur ke dalamnya. Selain itu, laut Derawan juga menyimpan aneka biota laut seperti terumbu karang, berbagai jenis ikan, serta hiu paus yang kehadirannya selalu dinantikan.

2.Berenang Bareng Ubur-Ubur

Ubur-ubur (Wisata Nasional)
Ubur-ubur (Wisata Nasional)

Pada umumnya, ubur-ubur adalah hewan laut yang sangat dihindari karena memiliki sengatan yang dapat melukai manusia. Tapi di Pulau Kakaban, salah satu pulau di kepulauan Derawan, kita dapat merasakan sensasi berenang bersama dengan ribuan ubur-ubur tanpa sengat di salah satu danau air tawar di sana.

3.Konservasi Penyu

Penyu di Pulau Sangalaki (Tribunnews.com)
Penyu di Pulau Sangalaki (Tribunnews.com)

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan Derawan, yakni Pulau Maratua, Derawan, Kakaban dan Sangalaki. Bagi yang ingin menjumpai penyu, melihat para penyu bertelur hingga menetas dan dilepaskan kea lam, pulau Sangalaki menjadi tujuannya.

4.Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Spongebob (Travelingyuk)
Pulau Spongebob (Travelingyuk)

Untuk kamu yang menyukai ketenangan, datang ke Pulau Manimbora adalah keputusan yang tepat. Pulau kecil dengan pasir putih yang bersih, sangat sesuai untuk dijelajahi dengan berjalan kaki santai. Ditemani semilir angin yang sejuk, deburan ombak, dan hangatnya cahaya matahari, kamu nggak akan bosan menjelajah pulau tak berpenghuni ini. Pulau Manimbora juga populer dengan sebutan Pulau Spongebob.

5.Taman Bawah Laut yang Menjadi Favorit Penyelam Kelas Dunia

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Saat ini, Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) di Samarinda, Kalimantan Timur, telah diresmikan. Sehingga berwisawat ke Pulau Derawan sudah semakin gampang. Meski begitu, Anda masih harus menempuh perjalanan darat dan laut untuk mencapai lokasi tujuan.

Selain itu, harga penginapan disana terhitung relative lebih murah daripada yang ditawarkan di Bali dan Lombok.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi Timur Borneo?