Indonesia Kecam Penembakan di Masjid Quebec

Teuku Faizasyah - Duta Besar RI untuk Kanada (FOTO: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengecam kasus penembakan di masjid yang menewaskan lima orang, di Centre Culturel Islamique du Quebec, Quebec City, Ottawa, Kanada, Minggu (29/1/2017) waktu setempat.

“Indonesia mengecam peristiwa penembakan di masjid di Quebec City, pada hari Minggu, 29 Januari 2017,” bunyi pernyataan Kemlu yang diunggah dari akun twitter Kemlu RI (@Portal_Kemlu_RI), Senin (30/1/2017).

Duta Besar RI di Ottawa, Kanada, Teuku Faizasyah, mengaku langsung menghubungi pihak kepolisian di Quebec untuk memastikan keselamatan para Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di kawasan sekitar lokasi masjid tersebut.

“Sejauh ini belum diperoleh informasi mengenai identitas korban. Sejauh ini WNI di QC [Quebec] diharapkan mereka dalam kondisi baik,” tegas Faizasyah.

Berdasarkan data di KBRI Ottawa terdapat 27 orang WNI yang tinggal di Quebec City. Menurut Dubes Faizasyah, diperlukan waktu sekitar 5 (lima) jam perjalanan darat dari Ottawa ke Quebec City.

“Saya sudah berkoordinasi dengan kedua Konjen RI [Vancouver dan Toronto], intinya meningkatkan komunikasi dengan masyarakat Indonesia untuk memastikan kondisi mereka,” kata Faizasyah.

Terkait dengan aksi penembakan tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ottawa telah mengeluarkan imbauan kepada WNI di Kanada. Adapun isi imbauan tersebut adalah:

  1. Perwakilan RI di Kanada mengikuti dengan seksama peristiwa penembakan di Centre Culturel Islamique du Quebec, Quebec City, tanggal 29 Januari 2017, termasuk penjelasan awal yang telah disampaikan aparat kepolisian Provinsi Quebec pada tanggal 30 Januari 2017.
  2. Sementara menunggu informasi terkait penanganan dan keterangan lebih lanjut dari pihak Pemerintah Kanada, Perwakilan RI di Kanada menghimbau agar seluruh WNI yang bermukim di Kanada meningkatkan kehati-hatian dalam melakukan aktivitas di tempat-tempat peribadatan.
  3. Dalam hal WNI membutuhkan informasi dan bantuan, silahkan hubungi hotline 24 jam Perwakilan RI terdekat, sebagai berikut:

KBRI Ottawa: +1 613 410 1481
KJRI Toronto: +1 416 312 5514
KJRI Vancouver: +1 778 788 1992.

Comments

comments