Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri

@Rayapos | Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memberikan saran dan masukan kepada pelatih tim sepak bola U-12 yang akan mengikuti kompetisi Final Nasional AQUA Danone Nation Cups (AQUADNC).

“Selama saya melatih tim diatas usia mereka, terutama U-19 lebih banyak faktor non-teknis yang akan mempengaruhi suatu pertandingan,” ucap Indra Sjafri ketika ditemui di bilangan Kuningan, Kamis (17/7/2018) sore.

“Bahkan nilai kebersihan dan kesehatan gizi juga perlu ditanamkan sejak usia dini. Sebab, jika ingin bersaing di level tinggi semua unsur diluar non teknis sangat dibutuhkan,” sambungnya.

Terkait hal ini, Indra Sjahfri sempat menceritakan pengalamannya akibat faktor non teknis. Terlebih lagi kejadian ini terjadi menjelang dimulainya laga penting.

Baca Juga:

Indra Sjafri: AQUADNC Lahirkan Bibit Pemain Timnas

Alisson Resmi Hijrah ke Liverpool

“Unsur kesehatan itu sangat penting. Kemarin ketika mau menjalani pertandingan yang sangat vital di semifinal kontra Malaysia, satu pemain kita ada yang sakit gigi satu jam sebelum pertandingan. Ini berbahaya bagi sebuah tim yang sudah dipersiapkan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Indra Sjafri juga menyampaikan kepada para pelatih agar lebih memperhatikan hal-hal kecil bagi timnya.

“Dalam kompetisi Final AQUADNC, para pelatih harus juga memperhatikan kesehatan seluruh para pemainnya. Karena sangat terasa sekali ketika kita menghadapi pertandingan penting dan membutuhkan seorang pemain, namun pemain itu harus absen,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Indra Sjahfri tercatat pernah melatih timnas Indonesia U-16 pada tahun 2011. Kemudian di tahun 2013-2014 dia melatih timnas U-19. 2014-2016 menjadi pelatih Bali United. Dan pada tahun 2016 hingga sekarang kembali dipercaya melatih timnas U-19.