Alun-alun Kota Batu Malang (Foto : Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Kabupaten Malang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Tahun ini, Kota Malang akan merayakan ulang tahunnya yang ke 1258.

Sebagai kota tua, Malang memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang sangat menarik. Tak hanya melestarikan peninggalan sejarah masa lampau, giat pariwisata di Malang juga terus di eksplore sehingga semakin banyak muncul destinasi wisata baru yang kekinian.

Kota Malang kini menjadi salah satu kota wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.  Tahun ini, Pemerintah daerah setempat menyasar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) menyentuh angka 7,15 juta orang.

Baca juga : Menjelajah Kampung 1000 Topeng Malangan

Untuk bisa mencapai target itu, pemerintah kabupaten setempat telah menyiapkan 26 event pariwisata dan budaya sepanjang tahun 2018.

Event apa saja kah itu? Berikut daftarnya;

1. Pemilihan Duta Wisata Joko-Roro 2018 Kabupaten Malang

Pemilihan Duta Wisata Joko – Roro 2018 akan digelar bulan April. Tujuannya adalah untuk menjaring generasi muda yang berkualitas dan mencintai pariwisata daerah ini untuk menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Malang.

Nah, kawula muda yang tertarik untuk menjadi Duta Wisata Joko-Roro 2018, manfaatkan kesempatan ini baik-baik.

2. Festival Tari Topeng Malangan

Seperti diketahui, Kota Malang memiliki kampung khusus yang memproduksi topeng. Kampung itu terletak di Desaku Menanti di Dusun Baran, Kecamatan Kedung Kandang, Malang Timur. Kampung yang dulunya dikenal sebagai kampung pemulung itu, kini telah berubah wajah menjadi Kampung 1000 Topeng yang sudah semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga : Kampung Topeng akan Menjadi Model Dunia

Festival Tari Topeng Malangan digelar bulan Juni. Kegiatan tersebut merupakan upaya penguatan pelestarian kesenian dan warisan budaya leluhur asli, yakni ikon Topeng Malangan yang sekaligus mendukung daya tarik wisata.

3. Road To Malang Jazz

Bulan Juli mendatang, akan digelar festival jazz bertajuk “Road to Malang Jazz”. Kegiatan ini akan menjadi wadah bagi para musisi jazz untuk menyalurkan ekspresi bermusiknya sekaligus mendukung pariwisata sambil mengenalkan potensi wisata dan budaya yang dimiliki kota Malang.

4. Gumebyar Pesona Gunung Jawi

Acara Gumebyar Pesona Gunung Jawi akan digelar pada bulan September di Kecamatan Wonosari, Malang, bertujuan untuk menggali dan mengkspose potensi wisata Gunung Kawi selain melestarikan wisata religi.

Dalam event tersebut, ada atraksi pembakaran “Sangkala” yang merupakan simbol pemusnah angkara murka sekaligus memperingati Tahun Baru Islam dan Tahun Baru Jawa atau Tahun Suro serta memperingati wafatnya Yang Junggo, Kyai Zakaria, serta menyongsong khol wafatnya RM Imam Soedjono buyut dari Sultan Hamengku Buwono I, memerintah Kraton Jogjakarta pada 1755-1892, yang dimakamkan di pesarean Gunung Kawi.

Baca juga : Geopark Ciletuh Laut Purba Paling Keren di Pulau Jawa

Kegiatan Suroan ditandai dengan pergelaran wayang semalam suntuk, pengajian, atraksi kesenian, pawai, hibutran, dan atraksi pembakaran ogoh-ogoh.

Selain di Gunung Kawi, acara serupa juga akan digelar di lereng Gunung Bromo, di Desa Ngadas, Kec. Poncokusumo, berupa Upacara Karo.

Upacara Karo digelar untuk mendoakan arwah para leluhur dan sekaligus syukuran atas anugerah Tuhan YME berupa kegiatan pembacaan doa di makam leluhur, atraksi budaya, serta makan bersama di makam.

5. “Malang Beach Festival”

“Malang Beach Festival” digelar sepanjang bulan November hingga Desember untuk menandai HUT ke 1258 kota Malang.

“Malang Beach Festival” akan diisi banyak kegiatan seperti lomba layang-layang, Balekambang Running Track, Jalur Lintas Selatan Fun Bike, Eksebisi Parlayang, Dayung dan Perahu Naga, Eksebisi Jet Sky, Miniatur Truk, Singhasari Surfing International Exhibition, dan Kirab Budaya.

Baca juga : Ini Lokasi Terpopuler Instagram 2017, Jakarta Salah Satunya

Juga ada Marathon Beach Sepatu Roda, Malang Sunset Beach Marathon, Rekor Muri, Gulat Pantai, Volley Pantai, Rally Jeep Gathering, Balap Sepeda Individual Timetrial, dan lainnya.

Nah….. Anda yang hobi traveling, jangan lewatkan event wisata dan budaya yang begitu menarik di Kota Malang.