Ini dia bahaya setelah makan langsung tidur

Ilustrasi setelah makan langsung tidur (Foto: ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Kebiasaan tidur setelah makan kadang-kadang dianggap sepele. Padahal, sudah menjadi hal  biasa rasa kantuk datang setelah makan.  Ini merupakan sesuatu yang alamiah dan tidak ada yang salah dengan tubuh Anda.

Rasa kantuk itu datang karena nutrisi masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Ketika mengonsumsi makanan, lambung akan mencernanya menjadi sari-sari makanan. Sari-sari makanan inilah yang akan diserap tubuh.

Bila makanan kaya akan karbohidrat dan lemak, dibutuhkan waktu minimal 2 jam untuk menggiling makan tersebut sampai berubah bentuk menjadi sari pati makanan.

Apabila tidur di bawah 2 jam setelah makan, saluran pencernaan belum sempat menggiling makanan kita, yang akhirnya akan berakibat pada gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh. Hasil akhirnya, makanan yang kita makan tidak mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini ada beberapa efek samping  setelah makan langsung tidur :

  1. Asam lambung naik

Efek manis, pedas , asam dan efek panas pada makanan yang telah kita konsumsi, akan berputar putar dalam lambung serta sulit untuk dicerna. Sedangkan keasaman pada lambung meningkat dan akhirnya keluar menuju rongga dada. Dan akibatnya tentu, dada akan terasa seperti terbakar.

  1. Terganggunya alat pencernaan

Apabila setelah makan langsung tidur maka fungsi dari enzim pencernaan menjadi kacau serta tersendat sebab makanan yang ada di dalam pencernaan tidak bisa bergerak dengan baik dan hal ini menyebabkan proses penggilingan makanan menjadi gagal.

  1. Munculnya serangan asma

Langsung berbaring setelah makan membuat perut melebar karena efek dari penuhnya lambung. Saluran pernafasaan menjadi tersendat karena ada penyumbataan waktu masuknya oksigen. Kondisi ini yang menjadi pemicu serangan asma ringan.

  1. Resiko terkena serangan jantung

Langsung tidur setelah makan akan menyebabkab alat pencernaan tidak normal. Apabila alat pencernaan tidak normal, maka secara otomatis kerja jantung terganggu dalam memompa darah. Dan ketidakmampuan jantung berdenyut secara normal ini bisa mengakibatkan serangan jantung

  1. Peradangan lambung

Makanan yang tidak bisa dicerna dengan sempurna membuat lambung bekerja ekstra keras terus menerus. Dan kejadian itu berlangsung lama karena posisi perut yang tertekuk, akibat kita berbaring, membuat makanan juga lama hancurnya. Keadaan ini tentunya berakibat buruk buat lambung, yaitu menyebabkan luka dan menjadi radang.

  1. Memicu diabetes

Diabetes terjadi akibat efek domino dari proses  penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan karena kebiasaan tidur atau berbaring setelah makan. Lebih parahnya jika kita memiliki kebiasaan  mengkonsumsi makanan berat atau camilan yang banyak mengandung gula serta karbohidrat sebelum tidur, karena hal ini memperbesar kemungkinan Anda untuk terkena diabetes.

  1. Mengalami obesitas

Saat kita langsung tidur setelah makan, maka yang terjadi adalah, asupan kalori yang terkandung dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diproses atau tidak terjadi pembakaran, karena tidak ada aktivitas  yang dilakukan, sehingga akan menjadi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh kita tanpa terjadinya proses pembakaran tersebut  menyebabkan bertambahnya berat badan secara drastis dan akhirnya terjadilah obesitas.

Comments

comments