Insiden Penembakan di Festival 'Art All Night" Trenton, New Jersey, AS (Foto: The Independent)

@Rayapos | Jakarta – Panitia New Jersey Art Festival menghentikan acara yang tersisa setelah insiden penembakan brutal yang diduga dilakukan oleh geng bersenjata di tengah berlangsungnya acara Festival Seni, di Trenton, New Jersey, Minggu (17/6/2018).

Dalam insiden penembakan itu, sedikitnya 22 orang mengalami luka-luka, empat korban lainnya diberitakan dalam keadaan kritis akibat luka parah yang dideritanya. Di antara korban yang kritis terdapat seorang remaja berusia 13 tahun. Sementara seorang terduga pelaku tewas ditembak petugas kepolisian.

Menurut pejabat keamanan setempat, Angelo Onofri, peristiwa itu terjadi saat dua orang melepaskan tembakan di tengah kerumuman sekitar seribu pengunjung Festival Seni tahunan ‘Art All Night” di Trenton (kurang lebih 100 km barat daya New York) pada pukul 02.45 pagi waktu setempat.

Baca juga: 

Keduanya diduga anggota geng yang sedang terlibat perkelahian antar geng. Seorang pelaku tewas ditembak sementara seorang lainnya telah diamankan polisi.

Selain telah menahan terduka pelaku penembakan, polisi juga mengamankan sejumlah pucuk senjata yang ditemukan di lokasi kejadian.

“Peristiwa ini sangat buruk mengingat lokasi kejadian bukan di tempat terbuka saat tembakan dilepaskan.” kata Onofri dalam keterangan pers.

“Diduga pelaku adalah kelompok yang saling bertikai.” tambahnya.

Polisi mengamankan lokasi kejadian dan melakukan investigasi atas insiden tersebut. Mereka juga memastikan bahwa seniman,musisi dan sukarelawan dalam keadaan selamat.

Insiden penembakan di tengah kerumunan massa itu terjadi di tengah-tengah perdebatan mengenai undang-undang pembatasan senjata api di Amerika Serikat, pasca terjadinya insiden penembakan brutal di Sekolah Menengah Farkland. Florida Februari lalu yang menewaskan 17 orang.

“Insiden ini menunjukkan bahwa serangan bersenjata semakin meningkat dan mengancam ketenangan publik di kota-kota dan daerah pinggiran di seluruh Amerika Serikat.” kata Walikota Trenton, Eric Jackson dalam konpersensi pers tersebut.

“Ini bukan masalah kekerasan semata, tetapi ini adalah persoalan keamanan masyarakat.” tambahnya.

Sementara Gubernur New Jersy Phil Murphy mengatakan, meski ia telah menanda-tangani rancangan undang-undang pengendalian senjata, namun untuk bisa menjadi undang-undang dibutuhkan solusi nasional.

“Kongres harus segera bertindak” ujarnya.