Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Tulungagung – Bagi warga Tulungagung yang telah memiliki hak pilih, kini sudah bisa mengakses informasi secara online apakah sudah tercantum dalam daftar pemilih sementara (DPS) di pemilihan kepala daerah serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Hasil rekapitulasi DPS sudah diumumkan. Warga bisa mengecek data diri di setiap kelurahan, RT maupun RW. Jika tidak bisa langsung melalui jalur online (daring) melalui aplikasi android,” ungkap Ketua KPU Tulungagung, Suprihno di Tulungagung, Sabtu (31/3/2018).

Menurut Suprihno, seluruh data yang ada dalam DPS dibuat berdasar hasil coklit yang dilakukan KPU selama kurun Januari hingga Februari 2018.

Adapun jumlah DPS Pilkada Tulungagung tercatat sebanyak 852.116 jiwa. Jumlah itu jauh di bawah data DP4 (daftar penduduk pemilih potensial pemilu) yang diserahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil) sebanyak 905.672 jiwa.

Data tersebut termasuk 21.741 pemilih potensial non-KTP-e yang kini diverifikasi oleh pihak dispendukcapil setempat.

“Data ini masih bisa berubah. Warga bisa melakukan koreksi dan evaluasi atas data DPS yang kami umumkan. Diuji bersama agar kita mendapat data pemilih tetap yang benar-benar valid untuk pilkada 27 Juni nanti,” tuturnya.

Baca Juga:

Puti Guntur Gelar Konsolidasi Kader PDIP di Sumenep

Risma: Dukung Gus Ipul-Puti Dapat Dunia Akhirat

Suprihno menjelaskan, cara pintas melihat data tersebut melalui android yang telah terpasang aplikasi KPU Tulungagung. Warga bisa mengecek langsung datanya dalam daftar DPS daring/online.

Selain itu, lanjut dia, di aplikasi ini warga juga dapat mengakses data diri, keluarga dan kerabat di masing-masing kelurahan hingga tingkatan RT/RW,

“Caranya mudah, cukup masukkan data NIK (nomor induk kependudukan) ke aplikasi DPS online, nanti akan muncul data nama yang bersangkutan jika memang sudah masuk data DPS pilkada,” tuturnya.

Namun jika belum, lanjut Suprihno, calon pemilih potensial yang belum terdaftar masih bisa melapor langsung ke petugas KPU di tingkat desa/kelurahan maupun kecamatan, atau dengan daftar secara daring di aplikasi yang sama di atas.