Iran Panggil Dubes Swiss Terkait Larangan Perjalanan Trump

Bendera Iran (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos | Teheran: Iran memanggil Dubes Swiss untuk Teheran Giulio Haas pada Minggu (29/1) untuk memprotes keputusan diskriminatif AS guna membatasi kedatangan warga dari tujuh negara Muslim, termasuk Iran, demikian laporan Press TV.

Mohammad Kashavarz-Zadeh, Direktur Jenderal Urusan Amerika di Kementerian Luar Negeri Iran, meneyrahkan surat protes resmi kepada Haas yang mewakili kepentingan di Teheran, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi.

Keshavarz-Zadeh mengatakan kepada utusan Swiss itu bahwa perintah eksekutif dari presiden AS dikeluarkan dengan dalih khayalan, diskriminasi dan tak bisa diterima, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. Instruksi tersebut, katanya, bertentangan dengan konvensi hak asasi manusia dan kesepakatan hukum serta konsuler yang ditandatangani antara Teheran dan Washington pada 15 Agustus 1955.

Presiden AS Donald Trump pada Jumat (27/1) menandatangani perintah eksekutif untuk membatasi imigrasi dari negara yang ia katakan “dinodai oleh terorisme”.

Comments

comments