FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA

@Rayapos | Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno meresmikan Gerakan Ekonomi Kerakyatan atau disingkat Gerak OK OCE di Pondok Wirausaha Jakarta hari ini.

Sandiaga selaku Founder OK OCE mengatakan bahwa karakteristik ibu kota berbeda dengan karakteristik di luar ibu kota. Sehingga menurutnya konsep yang disodorkan dengan nama Gerak OK OCE ini bisa menjadi penghubung antara kota Jakarta dan kota lainnya.

“Konsep ekonomi Kerakyatan sebagai benang merah penghubung Jakarta dan kota lain di Indonesia. Kami berharap GERAK OK OCE ini bisa menjadikan Jakarta sebagai hub atau penghubung para UMKM di seluruh kota dan desa di Indonesia,” ujar Sandi di Kampung Utan, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Ditempat yang sama, ketua perkumpulan gerakan OK OCE Faransyah Agung Jaya
menjelaskan bahwa ‘Geliat’ dan permintaan program OK OCE yang sukses dilaksanakan di Jakarta banyak di mintaberbagai elemen masyarakat agar diterapkan di berbagai daerah.

Pria yang akrab disapa Coach Faran ini menuturkan, berdasarkan data di website OK OCE dapat di lihat per tanggal 7 November sudah ada 58,000 anggota OK OCE di Indonesia dan 10,000 lebih anggota dari luar DKI Jakarta.

“Gerak OK OCE sebagai tahapan awal akan mengajak dua juta warga untuk bergabung menjadi anggota di seluruh Indonesia selama 5 tahun kedepan,” ucap Faran.

Lanjut Faran menerangkan, Gerak OK OCE juga menawarkan dua manfaat kepada anggotanya yaitu membuka lapangan kerja berbasis kewirausahaan dan peningkatan pendapatan keluarganya. Dua manfaat tersebut di harapkan akan membantu pemerintah Indonesia dalam menurunkan tingkat pengangguran dan membantu anggota untuk peningkatan kesejahteraan.

Selanjutnya kata dia, langkah yang akan dilakukan oleh GERAK OK OCE adalah pembentukan struktur Humas Pusat dan struktur Koordinator di 34 provinsi di Indonesia.

“Struktur Koordinator akan dibagi menjadi Koordinator Provinsi, Koordinator Daerah, Koordinator Kecamatan, dan Koordinator Komunitas. Para Koordinator akan melakukan dua progam inti yaitu perekruitan warga dan pelaksanaan 7 PAS,” katanya.

Adapun program 7 PAS, masih sama dengan tahapan peserta program OK OCE di Jakarta, diantaranya 7 langkah pasti akan sukses (PAS) berupa rangkaian yang di mulai dari Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perijinan, Pemasaran, Pelaporan keuangan dan Permodalan.

“Selain unsur masyarakat GERAK OK OCE juga mengajak para mitra seperti komunitas wirausaha, LSM, institusi Pendidikan, Korporasi, dan pemerintah daerah untuk berkolaborasi mendukung Gerakan Ekonomi Kerakyatan OK OCE,” pungkasnya.

Peresmian Gerak OK OCE ini juga ditandai dengan launching aplikasi android Gerak OK OCE, dan juga launching kartu anggota GERAK OK OCE.

Gerakan ini juga didukung oleh iCFN Foundation sebagai think tank pengembangan strategi dan konsep OK OCE dan ARMOR (Asosiasi Trainer, Mentor, dan Coach Wirausaha) yang akan berperan untuk peningkatan kapasitas para penggerak di seluruh Indonesia.