Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Lemon atau bernama latin citrus lemon tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Perasan jeruk lemon juga memiliki banyak memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin C tinggi.

Selain itu, jenis jeruk yang memiliki warna kuning cerah dan sangat mencolok sering digunakan sebagai bahan campuran minuman. Adapula yang menggunakannya sebagai hiasan dari berbagai jenis makanan dan minuman.

Namun bukan hanya buahnya saja, kulit lemon ternyata mengandung nutrisi dan gizi yang berguna untuk tubuh dan bisa diolah menjadi beberapa jenis olahan makanan dan minuman sehat.

Baca Juga:

8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Wuih, Olahraga Teratur Bisa Bikin Mr. P Lebih Joss

Selain Sehat, Olahraga Bikin Otak Lebih Tajam

Jadi jika anda makan jeruk lemon, sebaiknya jangan buang kulitnya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (9/11/2018), berikut sejumlah manfaat kulit lemon untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker
Kulit lemon memiliki manfaat untuk menangkal segala jenis kanker, karena memiliki kandungan alami yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker yang tidak normal dalam tubuh.

2. Mencegah gangguan tulang
Di dalam kulit lemon juga mengandung kalsium cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Setiap harinya kepadatan tulang dan gigi akan berkurang. Jadi, sangatlah penting untuk mengonsumsi kalsium. Salah satunya dari kulit lemon.

3. Melancarkan pencernaan
Siapa sangka bahwa di dalam kulit lemon pun mengandung banyak kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat akan membuat makanan dalam lambung dan usus menjadi seperti gel sehingga Anda akan kenyang lebih lama.

4. Menurunkan kolesterol
Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kulit lemon adalah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. hal ini disebabkan karena di dalam kulit lemon mengandung zat polifenol flavonoid yang sangat aktif dalam menurunkan kolesterol.

5. Menjaga kesehatan mulut
Vitamin C berguna bagi kesehatan mulut dan bisa meredakan berbagai jenis keluhan pada mulut seperti sariawan dan bau mulut. Kulit lemon memiliki kandungan asam sitrat, jadi sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut dan tetap membuatnya menjadi tetap sehat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah lemon memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Namun di dalam kulit lemon juga mengandung vitamin C dan ini bisa dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar menjadi lebih sehat.

BAGIKAN