Ilustrasi wajah berjerawat

@Rayapos | Jakarta – Kulit wajah yang mulus dan bersih tentu menjadi dambaan setiap wanita. Tapi bagaimana jika memiliki kulit sensitif?

Menggunakan produk kecantikan secara asal-asalan apalagi sering digonta-ganti karena ‘termakan’ iklan menjadi salah satu penyebab jerawat semakin merajalela bagi kulit sensitif. Tapi tahukah Anda, ternyata makanan yang dikonsumsi sehari0hari juga ada yang bisa memperburuk kondisi kulit berjerawat.

Apa saja makanan yang harus dihindari? Berikut ulasannya.

1.Susu dan produk olahannya

Mengkonsumsi susu, dan produk olahannya seperti keju, es krim, mayonaise, hingga roti bisa merangsang tumbuhnya jerawat pada kulit Anda. Hindari produk susu atau dairy jika kondisi jerawat sedang meradang.

2.Fast Food

Fast food memenjadi makanan penggoda, tak hanya dari penyajiannya yang cepat tapi juga kenikmatannya. Namun sayang, banyak studi yang menemukan bahwa makanan siap saja ini bukanlah makanan yang sehat dan ideal untuk kesehatan tubuh. Apalagi kebanyakan fast food merupakan makanan yang digoreng yang mengandung banyak lemak jahat dan kolestrol yang berbahaya bagi tubuh. Kadar lemak yang berlebih ini juga dapat membuat jerawat lebih merajalela.

3.Makanan dengan pemanis buatan

Makanan manis seakan tak dapat ditolak oleh semua kalangan. Bahkan di jaman sekarang ini, lebih banyak orang yang mengkonsumsi the yang dikemas dalam botol dan berbagai minuman manis lainnya dibanding air mineral. Padahal, minuman-minuman tersebut mengandung gula dan pemanis buatan dengan kandungan yang tinggi.

4.Makanan tinggi lemak dan kalori

Makanan tinggi lemak yang mengandung banyak minyak, juga manis, bisa merangsang kulit semakin berjerawat.

5.Makanan yang kaya akan lemak Omega-6

Dilansir Healthline, makanan yang mengandung tinggi lemak omega-6 juga bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Makanan-makanan tersebut antara lain seperti minyak kedelai dan jagung, juga beberapa makanan yang mengandung lemak omega-3 seperti kacang-kacangan dan beberapa jenis ikan. Di beberapa kasus, makanan ini sering meningkatkan peradangan pada kulit yang akhirnya memperparah kondisi pada jerawat.