Ilustrasi aplikasi sosial media di ponsel (bbc)

@Rayapos | Jakarta – Di jaman serba teknologi ini, media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang.

Ada yang menggunakannya agar dapat dengan mudah terhubung dengan keluarga dan kerabat yang berjauhan. Sedangkan yang lain menjadikan media sosial sebagai tempat berbagi serta panggung untuk menunjukkan eksistensinya.

Namun dengan kemajuan teknologi yang juga menjadi semakin canggih setiap saatnya, ternyata terdapat beberapa bahaya yang mengintai bagi Anda yang senang membagikan aktifitas ke akun media sosial.

Memang sih, akun media sosial itu menjadi milik kita pribadi. Tetapi apa yang kita tampilkan bisa menjadi konsumsi publik. Kecerobohan kecil pun dapat membahayakan pekerjaan, hubungan dan identitas kita.

Sebaiknya mulailah berhati-hati dan jangan mengupload beberapa foto berikut.

1.Paspor & Boarding Pass

Ilustrasi Boarding Pass dan Paspor (Tumblr)
Ilustrasi Boarding Pass dan Paspor (Tumblr)

Biasanya mereka yang kegirangan dengan perjalanan liburan atau yang menjadikan media sosial sebagai panggung keeksisannya suka memamerkan boarding pass di akun facebook atau Instagramnya.

Nah, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab menurut ahli cybercrime Brian Krebs, hackers dapat mengakses data pribadi seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan informasi yang tercantum di paspor. Selain itu, orang asing juga bisa mencari tahu tanggal keberangkatan dan kepulangan berdasarkan nomor booking yang tercatat di tiket. Sehingga rumah kosong Anda bisa menjadi sasaran empuk bagi para kriminal.

2.Uang & Barang Mewah

Hermes bag and diamond watch (pinterest)
Hermes bag and diamond watch (pinterest)

Memamerkan uang, kartu kredit dan barang mewah di media sosial bukanlah hal bijaksana. Sebab, itu dapat menjadikan siapapun sebagai target perampokan. Selain kejahatan, posting hal-hal seperti itu juga memberi kesan yang negatif, seperti norak dan sombong.

3.Surat Kelahiran

Telapak kaki bayi (Theresathy)
Telapak kaki bayi (Theresathy)

Mengupload suratatau akta kelahiran sama seperti Anda memberikan data penting secara cuma-cuma kepada peretas. Hal itu bisa disalahgunakan untuk tujuan kejahatan.

4.Rahasia dan Pekerjaan Kantor

Ilustrasi bekerja (picjumbo)
Ilustrasi bekerja (picjumbo)

Bedakan pekerjaan dan kehidupan pribadimu. Sebuah hal yang bijaksana untuk merahasiakan detail pekerjaan dari media sosial, seperti email dan dokumen rahasia. Memposting perkembangan atau ide dalam pekerjaan dapat menjadi hal tak cerdas yang membuat informasi penting bocor ke kompetitor.

5.Tulisan atau Foto Tanpa Hak Cipta

Ilustrasi kamera polaroid dan hasil fotonya(weheartit)
Ilustrasi kamera polaroid dan hasil fotonya(weheartit)

Jangan mengunggah karya tulis atau foto tanpa memberi credit ke media sosial. Sebab orang lain dapat mengcopy-paste dan menggunakan karya Anda untuk kepentingan mereka, seperti mengikutsertakan karya tersebut dalam kompetisi dan mengklaim karya tersebut ciptaan mereka sendiri.