Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Bunderan Hotel Indonesia (FOTO: merdeka)

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membongkar satu Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di sekitar bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat. Ia beralasan JPO itu telah menghalangi patung selamat datang yang ada di bundaran HI.

Pembongkaran itu bertujuan agar masyakat DKI Jakarta bisa melihat dengan jelas patung selamat datang.

“Jadi nanti kita akan bisa merasakan jalan Thamrin lurus tanpa ada JPO dan sampai di sekitar Bundaran HI kita akan menyaksikan lagi patung Selamat Datang,” kata Anies kepada di Jalan Thamrin Kemarin (22/7/2018).

Baca juga:

Pejabat Bank Dunia Tenggelam di Pantai Seminyak

Sidak Lapas Sukamiskin, Bertabur Uang Rp 102 Juta

Setelah dibongkar, dikatakan Anies JPO ini akan diganti dengan fasilitas yang terintegarasi dengan Transjakarta dan satasiun MRT di bundaran HI. Adapun konsep JPO pengganti akan dibangun di bawah tanah.

“Kita nomor satu akan ada. Nantinya akan ada jalur lewat bawah. karena ada MRT itu dibangun justru tempat berhentinya transjakarta nanti tidak lagi naik keatas. tapi nanti akan turun kebawah. lalu dari bawah mereka bisa jalan ke trotoar di kanan kirinya. jadi nanti tidak diatas tanah tapi ada dibawah,” jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini sedikit bercerita, dahulu patung selamat datang dibangun pada tahun 1962 untuk menyambut Asian Games. Bertepatan dengan perhelatan akbar multi olahraga tahun 2018 ini, Anies pun ingin kembali memunculkan filosofi dari patung tersebut.

“Patung Selamat datang itu dulu dibangun untuk mengucapkan selamat datang kepada para peserta Asian Games tahun 1962 sekarang dengan JPO nanti diturunkan semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula,” pungkasnya.

BAGIKAN