Jelang Asian Games, Drainase di Sekitar Wisma Atlet Masih Mampet

@Rayapos | Jakarta – Sistem pembuangan air limbah rumah tangga di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta utara, banyak yang tidak berfungsi. Padahal kawasan ini berdekatan dengan Wisma Atlet Kemayoran, tempat tinggal sementara peserta Asian Games.

Menanggapi hal ini, Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan mengaku, sudah memerintahkan Petugas Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) untuk melakukan pembersihan.

“Dari dulu setiap saat kita bersihkan, coba tanyakan yang punya wilayah,” kata Een saat ditemui Rayapos di Kantor Kelurahan Sunter Jaya, Rabu (8/8/2018).

Saat menelusuri wilayah Sunter Jaya, Rayapos menemukan banyak got aliran rumah tangga yang tertimbun banyak sampah. Bahkan sitem drainase di kawasan itu tidak mengalir ke arah Kali Sentiong atau Kali Item secara lancar.

Bau tak sedap pun sempat tercium dari jarak dekat.

Baca juga:

Abdul Somad: Sampai Mati Saya Jadi Ustaz

Luna Maya Keberatan Kasus Video Dewasanya Diungkit Lagi

Dua Perampok Berpistol Beraksi di Mini Market Palmerah, Pegawai Disekap

Ketika ditanya perihal tersebut, Een malah buang badan. Menurutnya hal pengawasan seperti pemompaan bukanlah tugas dari kelurahan setempat.

“Pemompaan urusan tata air, pompa saya gak punya pompa, kami hanya bereskan saja yang bersih,” ungkapnya.

Pemandangan got tergenang dengan padatnya sampah rumah tangga ditemukan di sejumlah titik wilayah Sunter Jaya. Salah satunya adalah di jalan Sunter Jaya II A hingga memasuki Jalan Litbangkes.

Bahkan memasuki gang Sky III dekat kantor kelurahan Sunter Jaya sumbatan got dengan air keruh berwarna hitam masih ditemukan di kawasan ini. Kondisinya sama, yakni tersumbat dan tergenang air hitam pekat bercampur lumpur.

Meskipun demikian, Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan, mengaku sudah siap menyambut perhelatan Asian Games yang bakal digelar beberapa hari lagi. Aplagi sejumlah kerjasama keamanan lingkungan dari tiga pilar juga sudah diperkuat di wilayahnya.

“Siap, kurang siap gimana kita, tadi juga habis penertiban kali lima pemulung di jalan Sunter Indah, lihat sendiri di sini (kelurahan) juga ada lomba tenis meja,” pungkasnya.