Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto. Foto: Kemal Maulana

@Rayapos | Jakarta – Jelang malam tahun baru, polisi memantau sejumlah titik di Bekasi, Jawa Barat. Titik-titik tersebut berpotensi terjadi kemacetan lalu lintas.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto, di Polres Metro Bekasi Kota, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (31/12/2018) mengatakan:

“Pusat-pusat di mana masyarakat berkumpul. (Yaitu) HI (Harapan Indah), Summarecon, Pemkot (Bekasi) dan Cibubur (Citra Gran).”

Indarto memprediksi, kepadatan terjadi mulai pukul 22.30 WIB. Indarto menyebut polisi akan membiarkan keramaian di titik-titik tersebut saat malam tahun baru.

“Kita toleransi lah mereka mau bersenang-senang. Kita biarkan dulu setelah jam 00.30 WIB baru mulai kita. Nggak kita atur juga mereka jalan sendiri (bubar),” ujar Indarto.

Walau Car Free Night ditiadakan, Indarto mengatakan polisi tetap berjaga. 300 Personil dikerahkan untuk penagamanan malam tahun baru di Bekasi.

Indarto menyebut fokus polisi tidak hanya malam tahun baru, namun juga arus balik mudik. Menurutnya, jalur dalam Kota Bekasi akan terkena limpahan arus balik. Indarto memprediksi arus balik terjadi besok sore, Senin (1/1).

“Tolnya macet, mereka ke (jalur) arteri, Kalimalang itu. Nah itu yang kita antisipasi. (Di Kalimalang) ada pospam di Caman terus Superindo ada,” ujar Indarto.

Baca Juga:

Dua Polisi Ditembak Teroris di Salubanga

Sementara itu, rencana Car Free Night malam tahun baru di Bekasi dibatalkan. Alasannya, perayaan malam tahun baru di Jalan Ahmad Yani tersebut dianggap banyak mudaratnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi di Polres Metro Bekasi Kota, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (31/12/2018) mengatakan:

“Car-free night, sudah kita batalin aja. Pertimbangannya kan lebih banyak mudaratnya.”

Rahmat khawatir warga banyak yang membawa petasan. Menurutnya, warga tidak perlu terlalu merayakan malam pergantian tahun.

Rahmat mengimbau agar warga berzikir dan berdoa di rumah masing-masing.

“Sekarang berzikir di mana saja, berdoa bukan karena tahun baru masehi, tapi menyongsong proses peradaban tahun berikutnya. Acara tahun barunya di rumah aja, di kantor silakan, di masjid, musala silakan,” ujar Rahmat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi berencana menggelar malam bebas kendaraan (car-free night) saat malam pergantian tahun. Rencananya, Jalan Ahmad Yani ditutup dari pukul 22.30 WIB hingga 00.30 WIB. (*)