Ilustrasi jerawat

@Rayapos | Jakarta – Jerawat menjadi masalah penting bagi kesehatan kulit, terutama untuk wanita. Biasanya jerawat akan muncul jika wajah jarang dibersihkan atau ketika mendekati masa menstruasi.

Namun ada juga jerawat yang muncul akibat adanya perubahan hormone dalam tubuh. Jerawat karena hormon atau acne vulgaris terjadi akibat adanya peningkatan hormon androgen seperti testosteron.

Saat kadar androgen meningkat, maka produksi minyak menjadi lebih tinggi. Hal ini menyebabkan adanya perubahan aktivitas pada sel kulit yang akhirnya bisa memicu peradangan. Selain itu, berkembangnya folikel rambut oleh bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) ini kemudian bisa menyebabkan jerawat. Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat karena hormon secara alami tanpa menggunakan obat-obatan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari situs hellosehat.

1.Tea tree oil

Tea tree oil (ilustrasi)
Tea tree oil (ilustrasi)

Tea tree oil mampu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat. Biasanya, produk tea tree oil terdapat di berbagai produk perawatan kulit seperti pembersih wajah atau minyak esensial. Namun, jika hendak menggunakan minyak esensial, pastikan untuk mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Jangan lupa melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak esensial ke kulit. Caranya, oleskan bagian yang telah diencerkan ke lengan bawah bagian dalam dan perhatikan reaksinya selama 24 jam pertama. Jika tidak menimbulkan reaksi negatif maka Anda bisa menggunakannya di wajah yang berjerawat.

2.Teh hijau

Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Untuk mengatasi munculnya jerawat karena hormone, Anda dapat mengkonsumsi the hijau setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan losion atau gel jerawat yang juga mengandung minimal dua persen ekstrak teh hijau.

3.Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Ilustrasi AHA cream
Ilustrasi AHA cream

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kelompok asam alami yang berasal dari tanaman. AHA dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang berlebih dan menyumbat pori yang menjadi salah satu penyebab jerawat yang sudah tidak asing lagi.

Biasanya AHA terkandung dalam produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Namun, karena AHA dapat meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari maka jangan pernah lupa menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

BAGIKAN