rayapos.com - smartwatch bagi anak
Foto: Ilustrasi

@Rayapos.com | Jakarta: Pemerintah Jerman secara mendadak mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan smartwatch bagi anak mulai usia 5 tahun hingga 12 tahun. Pasalnya, penggunaan jam pintar tersebut kini sedang marak di Negara Bavaria ini.

Biasanya, smartwatch digunakan orang dewasa untuk pemantau aktivitas olahraga dan penghubung fungsi ke smartphone. Kebutuhan itu, sudah menjadi hal yang umum. Namun belakangan ini banyak dipakaikan untuk anak oleh orang tuanya

Pemerintah Jerman pun secara mendadak mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan smartwatch pada anak mulai usia 5 tahun hingga 12 tahun.

Peraturan tersebut menghimbau agar orang tua menghancurkan smartwatch yang diberikan ke anaknya dan memberikan bukti penghancuran pada badan regulasi komunikasi Jerman Bundesnetzagentur.

Adapun alasan pemerintah Jerman begitu keras terhadap penggunaan smartwatch pada anak karena dinilai melanggar peraturan yang tercantum dalam undang-undang anti-pengawasan. Pasalnya, Smartwatch tersebut ternyata digunakan orang tua untuk memantau aktivitas dan percakapan.

Seperti dilansir laman The Register, Rabu (22/11), sebuah penyelidikan mengungkapkan bahwa smartwatch telah digunakan oleh orang tua murid untuk menguping pembicaraan guru dalam kelas.

“Melalui sebuah aplikasi, orang tua dapat menggunakan jam tangan anak-anak tersebut untuk mendengarkan lingkungan di sekitar anaknya,” jelas Pimpinan Bundesnetzagentur, Jonchen Honman.

Editor: Hadie Ismanto

Comments

comments