Amien Rais dan Prabowo Subianto, usai bertemu di Hotel Sultan, Senin (23/7/2018) malam.

@Rayapos | Jakarta – Roda politik Indonesia berputar dinamis. Semalam ada dua pertemua politik penting. Presiden Jokowi bertemu dengan enam pemimpin partai di Istana, sedangkan Prabowo Subianto, Amien Rais dan Persaudaraan Alumni 212 rapat di Hotel Sultan Jakarta.

Dua pertemuan itu bagai persiapan lomba lari dalam perpolitikan Indonesia. Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Amien Rais dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 digelar Senin (23/7/2018) pukul 19.00.

Dalam pertemuanitu ada Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno.

Pertemuan tertutup, wartawan menunggu di luar. Usai pertemuan, Prabowo enggan berkomentar. Tidak ada kata yang dia katakan. Dia meninggalkan hotel pukul 21.10 WIB.

Baca Juga

Prabowo mengenakan safari krem. Berpeci hitam. Dia berlalu begita saja saat ditanya wartawan yang yang menunggu di depan hotel. Wajahnya datar saja.

Prabowo melambaikan tangan kepada awak media sebelum menaiki mobil Lexus putihnya.

Sedangkan, Amien Rais juga enggan berkomentar. Ia mengenakan kemeja cokelat. Wajahnya juga datar saja. Tidak ada kata. Dia langsung masuk mobil tanpa mengindahkan pertanyaan wartawan.

Jokowi Bersama 6 Ketua Partai

Presiden Jokowi makan malam bersama pimpinan 6 partai politik di Istana, Senin (23/7/2018). Foto: Biro Pres
Presiden Jokowi makan malam bersama pimpinan 6 partai politik di Istana, Senin (23/7/2018). Foto: Biro Pres

Presiden Jokowi makan malam satu meja dengan 6 ketua partai. Ada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Melalui akun instagram pribadinya, Jokowi memposting santap malam tersebut. Aneka menu makanan tersaji, mulai gurame goreng kipas, toge ikan asin, hingga minuman susu bandrek kelapa.

“Menunggu hidangan sambil berbincang-bincang,” tulis Jokowi.

Jokowi menjelaskan, masalah-masalah bangsa tak akan bisa dipikirkan dan diselesaikan oleh satu dua orang saja. Kebersamaan dan persatuan adalah aset penting bangsa ini.

Spekulasi yang berkembang, pertemuan tersebut membahas calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Batas pendaftaran dari KPU untuk pencalonan presiden dan wakil presiden sudah semakin dekat yakni pada 10 Agustus 2018. (*)

BAGIKAN