Jokowi-Ma'ruf Amin

@Rayapos | Jakarta – Pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin merupakan pasangan pertama yang mengikuti pemeriksaan tes kesehatan hari ini, di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Keduanya datang tepat pukul 08.00 WIB. Sesuai jadwal pemeriksaan. Sebelum mengikuti rangkaian test peserta diwajibkan menjalani puasa selama 8 Jam sebelum menjalani pemeriksaan.

Presiden Jokowi dan KH. Maruf Amin pun mengikuti intruksi tersebut untuk berpuasa selama 8 jam, bahkan saat tiba di RSPAD Gatot Subroto, Jokowi pun belum sempat meminum air putih.

Baca juga:

Kuasa Hukum Sebut Sule Pasrah Jika Harus Bercerai

Wuih, Masjid Ini Tetap Kokoh Diguncang Gempa Lombok

Polisi Ungkap Peredaran Narkoba Dibungkus Permen dan Tisu

“Belum (minum air putih),” kata Jokowi sambil menganggukan kepalanya.

Rangkaian test kesehatan ini merupakan persyaratan capres dan cawapres sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Pasangan Capres-Cawapres diwajibkan sehat rohani dan jasmani, KPU tidak memperbolehkan pasangan melakukan test sendiri karena pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan sekali.

Pada tahap ini keduanya bakal diperiksa mata, telinga, gigi, dan organ dalam. Pemeriksaan kejiwaan lewat psikotes dan bebas penyalahgunaan narkotika juga termasuk dalam rangkaian pemeriksaan.

BAGIKAN