Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan selama empat tahun terakhir laju inflasi nasional tidak lebih dari 4%. Hal itu dicapai berkat kerja keras seluruh pemangku kepentingan.

“Selama 4 tahun ini kita betul-betul bisa menekan inflasi pada angka di bawah 4%,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Presiden memaparkan, laju inflasi terus dijaga di bawah 4% dalam empat tahun masa pemerintahannya. Pada 2015, tercatat inflasi hanya sebesar 3,35% dan turun lagi pada 2016 menjadi sebesar 3,02%. Sedangkan pada 2017 inflasi tercatat sebesar 3,61% atau masih berada di dalam target pemerintah yakni 4% plus-minus 1%.

“Kalau diteruskan, kita akan memiliki inflasi yang stabil, semakin tahun semakin turun di angka 1-2% seperti negara maju,” tambah Jokowi.

Baca juga:

Pemerkosa Mahasiswi Belanda Masih Berusia 18 Tahun

Anies Pidato, Dikritik Sorakan Pendukung Ahok

Setya Novanto Huni Sel Palsu di Lapas Sukamiskin

Berkat capaian tersebut, Jokowi mengapresiasi kinerja seluruh kepala daerah yang ikut berperan menjaga tingkat inflasi.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kepala daerah atas capaian inflasi,” lanjutnya.

Selain itu Jokowi juga menyampaikan terimakasih atas kerja keras seluruh tim pengendali inflasi baik di pusat maupun daerah. Dirinya juga meminta agar prestasi ini bisa ditingkatkan lagi ke depannya.

“Lompatan seperti ini harus terus kita lanjutkan karena saya lihat sekarang koordinasi antara pusat dan daerah semakin baik,” tambahnya.

BAGIKAN