Presiden Jokowi (FOTO: Kris/Biro Pers Setpres)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) membahas rencana kebijakan Dana Kelurahan. Jokowi menegaskan kebijakan itu dibuat untuk menekan angka kemiskinan di tingkat kelurahan.

Ratas digelar di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018). Dalam ratas itu, Jokowi mengatakan ada dua kebijakan yang dibahas, yakni Dana Desa dan Dana Kelurahan.

“Pagi hari ini ratas akan kita bicarakan mengenai Dana Desa, mengenai Dana Kelurahan. Saya ingin menegaskan kembali bahwa tujuan utama Dana Desa dan Dana Kelurahan adalah mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat baik di desa maupun kota kelurahan,” kata Jokowi.

Baca juga:

UMP Jakarta 2019 Naik, Pemprov DKI Juga Berikan Ini

Ekonom LIPI: Pembangunan Infrastruktur Hasilnya di Masa Depan

Dia mengatakan, angka kemiskinan di desa dan kelurahan harus berkurang. Diharapkan kebijakan tersebut bisa mewujudkan hal itu.

“Kita ingin angka kemiskinan desa-kota bisa berkurang drastis dengan adanya dana ini. Juga kesenjangan pendapatan warga desa kota semakin kecil,” katanya.

Jokowi juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan aturan main pencairan dana kelurahan dalam waktu dekat. Pasalnya, dana tersebut dibutuhkan untuk mencegah ketimpangan.

“Saya minta Menteri Keuangan segera menyiapkan mekanisme pencairan dana kelurahan ini, sehingga segera bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Tak hanya Menkeu, Presiden juga menginstruksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyiapkan sistem pengawasan, sehingga kebijakan ini tepat sasaran dan benar-benar dirasakan warga kota.

“Saya minta Mendagri menyiapkan kerangka pengawasan dan evaluasi agar pemanfaatan dana kelurahan menyentuh kepentingan warga di kelurahan dan perkotaan,” imbuh dia.

Terkait Dana Desa, kata Jokowi, anggaran yang diberikan setiap tahun naik. Dalam 4 tahun terakhir, total Dana Desa yang telah diberikan sebanyak Rp 187 triliun.

“Dan untuk 2019 meningkat lagi dari Rp 60 triliun, tahun ini menjadi Rp 70 triliun, meningkat 16,7 persen. Saya ingin agar pemanfaatan untuk Dana Desa betul-betul didampingi, dikawal dan fokus mengurangi kemiskinan, ketimpangan di desa, mengembangkan ekonomi produktif, menggerakkan industri-industri kecil pedesaan,” jelasnya.

BAGIKAN