Presiden Joko Widodo (REUTERS/Darren Whiteside)

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tentang berpolitik yang santun dan membangun. Ia mengatakan masa-masa politik kebohongan juga harus diakhiri. Tidak ada lagi politik yang merasa paling benar sendiri.

“Kita harus akhiri politik kebohongan, politik yang merasa benar sendiri. Dan mari kita perkuat politik pembangunan, politik kerja, politik berkarya,” kata Jokowi saat menghadiri Peringatan HUT ke-54 Partai Golkar di JIExpo, KEmayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).

“Pembangunan bangsa untuk menghadirkan rasa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, pembangunan SDM bangsa yang unggul, yang siap bersaing di era Revolusi Industri 4.0. Sehingga kemajuan Indonesia, kejayaan Indonesia betul-betul dapat terwujud,” tambahnya.

Baca juga:

Jokowi-Ahok Dinilai Wawalkot Bekasi, Jauh Lebih Unggul dari Anies

Ahmad Dhani Dicegah ke Luar Negeri

Jokowi mengatakan, Golkar merupakan partai senior di Tanah Air. Dia yakin, partai berlambang pohon beringin itu bisa menjadi panutan dalam kerja-kerja politik.

“Saya percayai ini, Partai Golkar dapat menjadi panutan dalam pendidikan politik yang baik bagi rakyat untuk berdemokrasi secara dewasa, untuk menjalani hidup berkebangsaan yang rukun, hidup berkebangsaan yang bersatu,” katanya.

Apalagi, lanjut Jokowi, di masa-masa pesta demokrasi seperti Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Partai politik harus mampu menunjukkan kepada rakyat bahwa pesta demokrasi itu bukanlah perang demokrasi.

“Di masa-masa pileg dan pilpres kita harus bersama-sama tunjukkan kepada rakyat bahwa yang kita lakukan bukan perang demokrasi, melainkan sebuah perayaan pesta demokrasi. Perayaan yang diisi dengan adu gagasan, adu program, adu ide-ide, adu rekam jejak, adu prestasi. Inilah yang namanya perayaan pesta demokrasi yang benar,” katanya.

“Sekali lagi, perayaan yang diisi oleh adu gagasan, adu program, adu ide, adu rekam jejak, adu prestasi,” tambahnya.

Di akhir pidatonya, Jokowi memberikan pantun khusus untuk partai Golkar. Berikut ini bunyinya:

Pohon beringin daunnya rindang.
Bertumpu kuat pada akarnya.
Indonesia pasti maju gemilang.
Kalau kader-kader Golkar terus berkarya.

BAGIKAN