ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – Gaya hidup masa kini sangat mempengaruhi pola makan banyak orang. Jika dahulu orang lebih banyak makan masakan rumahan kini orang lebih banyak memilik makanan junk food yang lebih mudah didapatkan  karena dianggap lebih praktis.

Namun, di balik kepraktisan itu, junk food ternyata membawa dampak bagi kesehatan yang baru bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Sebuah penelitian terbaru menemukan, efek buruk makanan tinggi kalori tapi miskin nutrisi ini bisa timbul hanya dalam hitungan hari. Para peneliti di Australia menemukan bahwa selain menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes, makan junk food berlebihan juga bisa menurunkan daya ingat dan kemampuan kognitif otak. Dan itu tidak perlu waktu lama, hanya dalam satu minggu.

“Kami tahu bahwa obesitas menyebabkan inflamasi pada tubuh, tapi kami sebelumnya tidak menyadari bahwa (junk food) juga menyebabkan perubahan pada otak, hingga penelitian ini dibuat,” ujar Professor Margaret Morris dari UNSW Medicine, yang menjadi salah satu notulen penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Professor Margaret pun menyarankan untuk mulai menjalani diet sehat seiring semakin bertambahnya usia. “Asupan nutrisi memengaruhi kemampuan otak di segala usia, tapi risikonya lebih tinggi saat kita sudah menua dan penting untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif. Orang tua dan dewasa yang dietnya tidak sehat cenderung berisiko mengalami lebih banyak masalah kesehatan,” tuturnya.

BAGIKAN