KA Jakarta – Bandara Soetta Mulai Beroperasi Satu Desember 2017

@Rayapos.com | Jakarta : Para penumpang pesawat dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng akan segera bisa memanfaatkan moda transportasi Kereta Api tujuan Jakarta – Cengkareng mulai 1 Desember 2017 mendatang.

Pengoperasian kereta api tujuan bandara Soetta itu telah diujicoba, Kamis (23/11) dari Stasiun Sudirmara Baru menuju Cengkareng. Menurut rencana, kereta api Sudimara – Bandara Soetta itu akan melayani penumpang sebanyak 82 trip setiap 30 menit setiap harinya.

“Hari ini kami kembali melakukan uji coba KA Bandara dari Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Rencana operasional tanggal 1-3 Desember 2017 dengan 82 perjalanan setiap harinya dan ‘headway’ setiap 30 menit,” kata Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Kamis.

Nantinya setiap penumpang akan dikenakan tarif Rp.100.000,- setiap perjalanan. Dan sebagai bagian dari soft launching dan sosialisasi, pengelola akan memberikan diskon 70 persen menjadi Rp30.000,- per perjalanan selama satu bulan hingga 31 Desember 2017 mendatang.

PT Railink yang menjadi pengelola moda transportasi KA tujuan Bandara Soetta tersebut telah menyiapkan 10 rangkaian KRL (EMU/electrical multiple unit) setiap rangkaian yang terediri atas enam kereta dengan jumlah tempat duduk 272 rangkaian.

Kereta Api Bandara bisa mengangkut 33.728 penumpang tiap hari nya dengan fasilitas premium, mulai dari tempat duduk yang nyaman, full AC, wifi, sampai dengan fasilitas toilet.

Sedangkan waktu tempuhnya pun relatif cepat, hanya 50 menit dengan rute Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno Hatta.