Kadis DPAD Merauke imbau SKPD simpan arsip pemerintah

rayapos.com - DPAD Himbau Simpan Arsip Pemerintah
Arsip pemerintahan. (Foto: Nasional | Republika)

@Rayapos.com | Merauke: Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Anakletus Mambol Balagaize mengimbau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat menyerahkan seluruh arsip pemerintah untuk disimpan di kantornya.

“Kita ada punya tempat untuk mengamankan arsip, jadi dari dinas, kantor itu arsipnya kalau bisa diserahkan ke sini,” kata Anakletus Mambol Balagaize, di Merauke, Selasa.

Kesadaran SKPD untuk mengamankan arsip pemerintah di kantor itu, lanjut dia, masih minim dan ke depan akan disosialisasikan agar dinas dan kantor, serta badan mau memanfaatkan kantor perpustakaan dan arsip sebagai tempat penyimpan berkas penting.

“Selama ini hanya beberapa dinas saja yang menyerahkan arsip mereka untuk kami amankan, padahal dengan menyimpan arsip di sini, suatu waktu ketika mereka membutuhkan mereka bisa datang dan bawa,” katanya.

Ia belum mengetahui penyebab minimnya SKPD memanfaatkan kantor arsip daerah itu apakah tidak memiliki arsip atau belum mengetahui manfaat dinas perpustakaan dan arsip daerah.

“Semua kantor di Merauke harus punya arsip dan terkait masalah keamanan arsip di sini kami bisa jamin karena kami khusus untuk menyimpan arsip,” katanya.

Menurut dia, pihaknya telah menempatkan penjaga yang selalu siaga 24 jam dengan harapan insiden kebobolan kantor yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

“Mulai kemarin kita sudah tempatkan orang untuk menjaga lingkungan ini,” katanya. [Antara]

Comments

comments