Kajati Maluku Bantah Sudah Terjadi Pergantian

@Rayapos | Ambon: Selang beberapa hari terakhir, masyaraat di Kota Ambon dihebohkan dengan beredarnya informasi pergantian Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku. Ternyata infomrasi ini bukan hanya muncul di medias sosial (medos) saja, namun sudah menyebar dalam khalayak ramai. Bahkan bisa dibilang sudah menjadi rahasia umum, pucuk pimpinan Kejati Maluku telah berganti dari Maringka ke Manumpak Pane.

Saat dikonfirmasi wartawan, di Kantor Kejati Maluku, Rabu (25/1), Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, DR. Jan S. Maringka,SH,MH, dengan tegas mengatakan dirinya masih menjabat sebagai Kajati Maluku. Menurutnya, informasi itu belum bisa dipertanggungjawabkan, karena bersifat isu semata. ”Coba lihat, saya masih Kajati Maluku sekarang. Saya baru datang dan langsung masuk kantor,” ujarnya.

Dijelaskannya, secara administrasi belum ada pergantian Kajati Maluku. Pasalnya, untuk pergantian itu sendiri, butuh proses secara berjenjang dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dengan prosedur yang jelas.

Meskipun isu ini semakin santer diperdengarkan dan dipergunjingkan masyarakat, namun tidak kurang ungkapan kekaguman juga disampaikan menutupi isu tersebut. Dimana, sebagian besar merasyarakat Maluku juga mengakui kinerja yang sudah ditunjukkan Kejati Maluku selang masa kepemimpinan Maringka. Selain banyak kasus yang ditangani pihak Kejati Maluku telah tuntas, korps Adhyaksa juga mampu mengembalikan kerugian keuangan Negara ke kas Negara puluhan bahkan ratusan milyar rupiah.

Senada dengan Maringka, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi.Penkum) dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette,SH, saat dikonfirmasi wartawan via sambungan HP, mengatakan informasi yang beredar di medsos mengenai pergantian Kajati Maluku itu memang ada. Namun diakuinya, secara prosedur hal itu tidak terjadi. ”Kalau informasi di medsos itu memang ada. Tetapi untuk pergantian Kajati Maluku tidak pernah terjadi. Itukan ada prosedurnya,” pungkasnya.

Comments

comments