Kaji Aspek Ketahanan Wilayah, Tim Wantanas Kunjungi Sulawesi Utara

@Rayapos | Manado: Kunjungan tim dari Dewan Pertahanan Nasional ini, diterima langsung Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen mewakili Gubernur Olly Dondokambey.

Ketua tim Robert Lumempouw mengatakan,  maksud dan tujuan ke daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara, dalam rangka mengkaji semua aspek.

“Tahun ini kami Tim Wantannas melakukan kunjungan kerja ke Sulut. Ada dua daerah prioritas yakni Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Kota Bitung untuk mengkaji sejauh mana aspek ketahanan wilayahnya,” ujar Lumempouw, di Manado, Selasa (24/1/2017).

Lebih lanjut menurut Lumempouw, Wantannas berada di 14 Kementerian serta TNI, Polri yang di ketuai langsung oleh Presiden mempunyai tugas dan fungsi melakukan kajian-kajian kehidupan dan berikan masukan kepada Presiden .

Diketahui, Tim Wantannas dalam kunjungan kerja ke daerah ini sejak 24-28 Januari mendatang.

Sementara itu, Sekprov Silangen juha mewakili Pemprov Sulut mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan kerja Tim Wantannas yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Robert Lumempouw.

“Pemprov menyambut baik atas kunjungan kerja Wantannas dalam kaitan dengan pengkajian di daerah Ini. Saya menyampaikan selamat datang di bumi Nyiur Melambai dalam rangka kunjungan kerja ke daerah ini,”ujarnya.

Diyakini, menurut Silangen,  kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang konstruktif terhadap kondusifitas iklim ketahanan nasional di daerah, serta memberikan multi makna bagi kemajuan pembangunan bangsa karena Sulut sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan dan cermin harga diri bangsa.

Secara geografis Sulut memiliki 286 pulau, terdiri dari 59 pulau berpenghuni dan 227 pulau tak berpenghuni.

“Dengan 11 pulau terluar yakni 7 pulau berada di kepulauan Sangihe, 4 berada di Kabupaten Kepulauan Talaud dan 2 diantaranya (Miangas-Marore) berhadapan langsung dengan Davao Del Sur Filipina. Dan secara geoposisi,  Sulut berada di bibir Pasifik (Pacific Rim -red),  yang senantiasa mengharapkan dukungan dan sinergitas dari Dewan Ketahanan Nasional,”kunci Silangen.

Comments

comments

LEAVE A REPLY