Capture Youtube

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Anies Baswedan tampak sombong di tayangan televisi Mata Najwa, Rabu (1/8/2018). Dia ditawari Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin bantuan membersihkan kali bau busuk Jakarta. Jawaban Anies malah meremehkan Alex, begini:

“Malah tambah keruh nantinya. Dijamin tambah keruh,” jawab Anies dengan suara dikeraskan.

Maka, seluruh penonton acara di studio Trans 7, seketika terdiam. Kaget. Tak menyangka. Begitu cepat Anies berpikiran negatif. Padahal, Anies belum tahu kemampuan Alex. Juga dia belum bertanya pada Alex tentang caranya.

Sebaliknya, Anies lalu menjelaskan panjang lebar tentang kali bau busuk Jakarta yang disebut Kali Item. Anies menjelaskan, bahwa itu persoalan kecil. Tapi, menurutnya, dibesar-besarkan netizen di media sosial.

Meskipun dia anggap, kali bau busuk persoalan kecil, tapi dibantu Alex Nurdin mengatasi, juga langsnng ditolak. Bahkan, mengatakan bahwa Alex Nurdin tidak akan mampu. Sebab dipastikan kali bakal tambah keruh.

Alex Nurdin tampak serius ingin membantu Anies mengatasi bau busuk kali Jakarta. Pasalnya, Alex merasa greget dengan permasalahan bau busuk Kali Item. Padahal Asian Games 2018 bakal digelar dua minggu lagi dari sekarang.

Tawaran Alex Noerdin ini terbilang wajar. Sebab, Palembang dan Jakarta akan mejadi tuan rumah Asian Games 2018.

Tentu, antara kedua gubernur provinsi tersebut pun bisa bekerja sama dalam menyukseskan acara Asian Games 2018.

Alex membuka dengan pantun: “Makan tongseng di pinggir kali,” tutur Alex Noerdin, seperti yang dilansir dari akun Youtube Najwa Shihab, Rabu (1/8/2018). “Kalau kami sudah biasa reverview makan pempek di pinggir sungai Musi,” tuturnya lagi.

Najwa Shihab selaku pembawa acara pun sudah tahu maksud kode yang dilontarakan Alex Noerdin.

“Jadi maksudnya apa? dari tadi kirim kode-kode terus nih Pak Gubernur. Tolong lah kode-kode tersebut diperjelas malam ini,” tutur Najwa Shihab.

Alex lalu menawarkan, berniat membantu pembersihan Kali Item supaya tidak bau busuk.

“Maksud saya begini, kalau memang diperlukan, bantuan dari Sumatera Selatan untuk menjernihkan Kali Item itu, kami bersedia,” kata Alex.

Tak disangka, jawaban Anies Baswedan ini membuat Alex Noerdin dan penonton terkejut. Jawaban Anies tergolong kasar. Bersifat meremehkan Alex.

“Malah tambah keruh nantinya, dijamin tambah keruh,” jawab Anies Baswedan.

Anies melanjutkan: “Karena mereka tidak berpengalaman menghadapi sungai seperti ini (Kali Item), Berhadapannya dengan lingkungan bersih dan nyaman, itu kurang menantang,” papar Anies.

Terlihat, Alex Noerdin pun seketika langsung menunduk sambil tertawa. Entah, apa arti tawanya.

Ini videonya:

Anies lalu menjelaskna panjang lebar soal kali bau busuk. Menurutnya, peristiwa Kali Item ini sebenarnya kecil.

Namun karena pengaruh media sosial yang justru membuat masalah ini menjadi mengemuka dan jadi trending topik di media sosial.

“Kita disebut sukses atau gagal itu bukan bila jadi trending topik. Kita disebut gagal bukan karena muncul sosial media,” tegasnya seperti zaman kampanye Pilkada DKI, dulu.

Dia melanjutkan: “Kita gagal atau berhasil apa yang direncanakan dan apa yang terjadi. Di situlah letak kunci keberhasilan dan kegagalan.”

Sepanjang pemaparan Anies Baswedan, terlihat juga Alex Noerdin hanya bisa diam. Sebab, kenyataannya kali Jakarta, khususnya di depan Wisma Atlet yang akan ditempati peserta Asian Games, benar-benar bau busuk.

Bahkan ketika Najwa Shihab menyela dan berbicara, Anies malah menyela. Tetap berusaha menjelaskan panjang lebar.

Baca Juga:

Alasan Keluarga, Anang Hermansyah Tinggalkan Kursi Empuk DPR

Airlangga: Pelaku Industri Siap Dukung Jokowi Dua Periode

Turis Inggris Tampar Petugas Indonesia, Dikecam Warga Inggris

Anies menjelaskan, justru orang-orang kini lebih suka mencari pemberitaan dari media sosial, sehingga kabar tersebut pun tak terlalu lengkap.

Menurutnya, itu membuat informasi yang diperoleh setengah-setengah. Dan akan menimbulkan banyak pro kontra.

Sepeti diketahui, Kali Item ini masih menyebarkan bau menyengat yang malah akan mengganggu kenyamanan para atlet yang akan menginap di Wisma Atlet.

Kali Item atau Kali Sentiong ini terletak di depan Wisma Atlet, Jakarta Utara.

Pemprov DKI Jakarta pun telah mengupayakan agar kali tersebut tidak mengganggu kenyamanan para Atlet ketika menginap di Wisma Atlet selama Asian Games 2018.

Mulai dari memasang teknologi nano bubble, hingga memasang jaring hitam diatas kali tersebut.

Akan tetapi, pemasangan jaring hitam yang dicetuskan Anies ini malah sudah rusak dan bolong. Sehingga bau busuk menyengat hidung. (*)

BAGIKAN