Barang bukti sabu 1,375 ton. (FOTO: Galuh Ratnatika)

@Rayapos | Jakarta – Penyeludupan sabu seberat 1,375 ton berhasil diungkap. Tim gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama TNI Angkatan Laut dan Bea Cukai berhasil menangkap kapal yang disamarkan seolah kapal ikan yang berisi sabu.

“Kapal yang kita tangkap ini kapal ikan, perlengkapannya emang kapal ikan, tapi bau ikan pun tidak. Tidak pernah dipakai untuk tangkap ikan, tetapi khusus untuk narkotika,” ujar Kepala BNN Komjen Budi Waseso di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018).

Pihaknya menyebut, penyelundupan ini dilakukan oleh jaringan Taiwan dengan cara menggunakan kapal ikan yang bermama Shun de Man 6.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut, ternyata diketahui kapal tersebut berisikan 1,375 ton sabu. Petugas akhirnya mengamankan sabu beserta empat orang, yang rupanya merupakan anak buah kapal.

Baca juga:

Ini Dia Satu-Satunya Pria di Indonesia yang Punya Ninja H2 Carbon


Kapolres Jakarta Barat: 125 Titik Rawan Curanmor di Jakbar

“Empat orang pun dibekuk, yaitu, Chen Chung Nan, Chen Chin Tun sebagai Nahkoda Kapal, Huang Chin Nan sebagai juru mesin dan Hsie Lai Fu sebagai juru mesin juga,” ungkapnya.

Buwas juga mengungkapkan, penangkapan ini merupakan wujud sinergitas antar lembaga negara, khususnya BNN dan TNI AL yang saling melengkapi dalam pemberantasan narkotika.

Pasalnya menurut Buwas, BNN memiliki keterbatasan di bidang perairan yang dapat dibantu dengan kemampuan TNI AL.

Editor: Danang

BAGIKAN