Kapuspen TNI: Pemutran film G-30S/PKI sebagai pembelajaran sejarah

@Rayapos.com | Jakarta: Kepala Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Mayjen TNI Wuryanto menyebut pemutaran film G-30 S/PKI bagi seorang prajurit sebagai pembelajaran sejarah. Namun, ia juga mempersilahkan masyarakat jika ingin ikut menonton film tersebut.

“Prajurit di seluruh Indonesia agar menyaksikan film itu, sebagai pembelajaran sejarah yang pernah terjadi,” tegas Mayjen TNI Wuryanto ketika memberikan sambutan pada acara penandatanganan kerja sama antara TNI dan Dewan Pers.

Ia menambahkan, dengan menyaksikan film tersebut masyarakat dan prajurit lebih tahu bahwa Indonesia pernah mengalami sejarah kelam, sehingga hal itu tidak boleh terulang kembali.

Sebagaimana diketahui, pro kontra penayangan kembali film G30S-PKI menyita perhatian masyarakat luas, termasuk Presiden Joko Widodo. Presiden menekankan bahwa menonton film apalagi mengenai sejarah itu penting.

Bahkan Presiden mengatakan tak keberatan jika TNI dan masyarakat menggelar acara nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Namun Presiden berharap ada film anyar yang dibuat untuk menyesuaikan dengan karakter generasi milenial.