Ini kata GAIKINDO soal penerapan Euro 4 di Indonesia

@Rayapos.com | Jakarta: Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohanes Nangoi menyebut pemerintah harus menyiapkan prasarana terlebih dahulu sebelum menerapkan teknologi bahan bakar kendaraan Euro 4.

“Setidaknya ada tiga yang harus dipersiapakan, pertama bahan bakar Euro 4, yang kedua bahan bakar tersebut harus didistribusikan merata ke seluruh Indonesia, dan ketiga pemerintah harus siap melakukan uji tipe,” ungkap Yohanes ditemui saat konferensi pers GIIAS 2017 di Jakarta, Rabu (19/7).

Ia menambahkan, khusus tentang uji tipe tentunya akan memakan waktu cukup panjang bagi Kementerian Perhubungan. Pasalnya, mereka harus menguji beratus-ratus kendaraan di indonesia.

Yohanes menjelaskan bahwa Gaikindo bisa saja memproduksi kendaraan dengan bahan bakar Euro 4, tentunya bila prasarana yang dibutuhkan seperti dari SBPU dan lain sebagainya sudah tersebar di seluruh Indonesia .

“Saya tidak bisa janjikan hal itu dua tahun atau tiga tahun lagi. kalaupun saya sudah buat mobil Euro 4, terus saya jual ke Makassar, tapi bahan bakar Euro 4 belum tersedia disana, celaka lah saya,” tuturnya.

Untuk diketahui, regulasi penggunaan bahan bakar Euro 4 sendiri masih dalam pembahasan mendalam karena pengadaannya harus mengimport.

LEAVE A REPLY